STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AL-QUR’AN HADIST DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN di MTs DARISSULAIMANIYYAH TRENGGALEK

FARIDA NUR AZIZAH, 126201201010 (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AL-QUR’AN HADIST DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN di MTs DARISSULAIMANIYYAH TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Farida Nur Azizah. NIM. 126201201010. Strategi Pembelajaran Guru AlQur’an Hadist dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di MTs Darissulaimaniyyah Trenggalek. Skripsi. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Hj. Indah Komsiyah, M. Pd. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Guru, Al-Qur’an Hadist, dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pentingnya kemampuan membaca Al-Qur’an yang harus dimiliki oleh setiap muslim, hal ini karena Al-Qur’an merupakan kitab umat islam sekaligus sebagai pedoman hidup. Oleh karena itu pentingnya strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik, agar peserta didik dapat membaca Al-Qur’an secara lancar dan sesuai dengan tajwid dan makhorijul huruf yang benar. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Strategi Pembelajaran Guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur’an di MTs Darissulaimaniyyah Trenggalek? (2) Bagaimana Strategi Pembelajaran Guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan ketepatan membaca Al-Qur’an sesuai kaidah ilmu tajwid di MTs Darissulaimaniyyah Trenggalek? (3) Bagaimana Strategi Pembelajaran Guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan kesesuaian membaca dengan makhorijul huruf di MTs Darissulaimaniyyah Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, dengan lokasi di MTs Darissulaimaniyyah Trenggalek. Teknik pengumpulan kasus data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya pengecekan keabsahan data adalah kepercayaan, keteralihan, dan kebergantungan. Hasil penelitian skripsi ini adalah (1) Strategi Pembelajaran Guru AlQur’an Hadist dalam meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur’an adalah melalui program sorogan yang dilakukan setiap pagi hari sebelum pembelajaran dimulai, dalam program sorogan ini peserta didik maju satu persatu untuk membaca Al-Qur’an dihadapan guru langsung, (2) Strategi Pembelajaran Guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan ketepatan membaca Al-Qur’an sesuai kaidah ilmu tajwid adalah dengan cara guru menunjuk peserta didik secara acak untuk mencari hukum tajwid dalam suatu ayat Al-Qur’an, (3) Strategi Pembelajaran Guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan kesesuaian membaca dengan makhorijul huruf adalah peserta didik terlebih dahulu memperhatikan gerakan bibir guru saat memberikan contoh. Sambil guru menunjukkan gambar pengucapan makhorijul huruf yang baik dan benar agar mudah untuk peserta didik pahami. Kemudian guru menguji dan memperhatikan bagaimana gerakgerik bibir peserta didik ketika melafalkan huruf hijaiyah, apakah sudah sesuai dengan makhorijul huruf atau belum.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201201010 FARIDA NUR AZIZAH
Date Deposited: 02 Jul 2024 06:29
Last Modified: 02 Jul 2024 06:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47878

Actions (login required)

View Item View Item