PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII DI MTSN 6 TULUNGAGUNG

BINTI ULVIANA MUZZAROAH, 126204201005 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII DI MTSN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (911kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (335kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Motivasi Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Kelas VIII di MTsN 6 Tulungagung” Kata Kunci: Model Project Based Learning, Kemampuan Literasi Matematika, Motivasi Belajar Fenomena rendahnya kemampuan literasi matematika dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika, disebabkan karena model pembelajaran yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional atau metode ceramah, sehingga siswa sering kehilangan konsentrasi belajar dan melamun pada saat guru menerangkan atau menjelaskan. Oleh sebab itu, diperlukan pemilihan model pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif berperan dalam proses pembelajaran. Salah satunya menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Model PjBL merupakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada guru untuk mengelola pembelajaran di kelas dengan melibatkan kerja proyek, di mana proyek tersebut memuat tugas-tugas yang kompleks yang berdasarkan pengalamannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII di MTsN 6 Tulungagung, (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap motivasi belajar siswa dalam menyelesaikan SPLDV kelas VIII di MTsN 6 Tulungagung, (3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan masalah SPLDV kelas VIII di MTsN 6 Tulungagung, (4) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap motivasi belajar siswa dalam menyelesaikan masalah SPLDV kelas VIII di MTsN 6 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental dengan desain soal tes dan angket. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 6 Tulungagung sebanyak 323 siswa dengan sampel yang digunakan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, soal tes dan angket. Analisis data menggunakan uji t-test dan effect size dengan bantuan IBM SPSS 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII di MTsN 6 Tulungagung, (2) Ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap motivasi belajar siswa dalam menyelesaikan masalah SPLDV kelas VIII di MTsN 6 Tulungagung, (3) Besar pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan literasi matemaika sebesar 1,06 yang tergolong besar dalam menyelesaikan masalah SPLDV kelas VIII di MTsN 6 Tulungagung, (4) Besar pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap motivasi belajar siswa sebesar 0,58 tergolong sedang dalam menyelesaikan masalah SPLDV kelas VIII di MTsN 6 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Linear
Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Matematika > Variabel
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204201005 BINTI ULVIANA MUZZAROAH
Date Deposited: 02 Jul 2024 08:28
Last Modified: 02 Jul 2024 08:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47892

Actions (login required)

View Item View Item