IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 02 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

GALUH YUDHIS SETIAWAN, 126201203202 (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 02 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (978kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (430kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (575kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (462kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Galuh Yudhis Setiawan. 2024. Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Pai Dan Budi Pekerti Di Smpn Negeri 02 Kalidawir Tulungagung. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi : Dr. H. M Muntahibun Nafis, M.Ag. Kata Kunci : Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam. Kurikulum Merdeka Belajar, yang ditujukan untuk mendorong pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan pesertadidik serta mewujudkan proses pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kompetensi lulusan. Kurikulum ini baru dilakukan di beberapa Sekolah Menengah Pertama (SMP), salah satu sekolah yang sudah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 kalidawir Tulungagung. Dalam mengimplementasi Kurikulum Merdeka Belajar harus memperhatikan langkah-langkah yang diterapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 kalidawir Tulungagung. Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 kalidawir Tulungagung? 2) Bagaimana pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 kalidawir Tulungagung? 3) Bagaimana evaluasi implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 kalidawir Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 kalidawir Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 kalidawir Tulungagung. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 kalidawir Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kualitatif, yang mana data dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, bukan angka-angka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Kondensasi data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan/Verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara derajat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan, kepastian. Hasil penelitian ini adalah : 1) Tahap Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kalidawir dimulai pada tahun ajaran 2022/2023 dengan fokus pada kelas VII. Ini menunjukkan upaya sekolah dalam mengikuti kebijakan pemerintah untuk menciptakan sistem pendidikan yang lebih fleksibel dan adaptif. Perubahan ini mencerminkan respons cepat dan adaptasi sekolah terhadap kebijakan transformasi pendidikan yang dicanangkan oleh pemerintah. 2) Implementasi tahap pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kalidawir menunjukkan komitmen yang kuat terhadap peningkatan kualitas pendidikan melalui berbagai inovasi dan adaptasi. Sekolah menerapkan berbagai tahapan pembelajaran dengan cermat, meliputi pendahuluan, inti, dan penutup, serta memanfaatkan metode Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan keterlibatan siswa. 3) Implementasi tahap evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kalidawir berdasarkan Kurikulum Merdeka mencerminkan pendekatan komprehensif dan beragam dalam menilai capaian siswa. Penilaian dilakukan melalui berbagai model seperti tes tertulis, tes lisan, dan portofolio, yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Evaluasi dilakukan secara kontinyu di awal, tengah, dan akhir pembelajaran untuk memahami perkembangan siswa secara menyeluruh.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203202 GALUH YUDHIS SETIAWAN
Date Deposited: 02 Jul 2024 08:35
Last Modified: 02 Jul 2024 08:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47897

Actions (login required)

View Item View Item