PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII PADA MATERI ALJABAR DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON TULUNGAGUNG

NANA MAR'ATUL HUSNA, 126204202112 (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII PADA MATERI ALJABAR DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (452kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (426kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pada masa sekarang pemerintah telah menerapkan kurikulum merdeka dimana siswa dituntut untuk berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Namun pada kenyataannya pembelajaran matematika di sekolah seringkali masih dianggap membosankan oleh siswa. Hal ini disebabkan karena pembelajaran lebih berpusat pada guru sehingga siswa kurang berpartisipasi dan cenderung hanya mendengarkan saja sehingga pemahaman konsep matematika siswa kurang maksimal. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengatasi masalah tersebut dan sesuai dengan kurikulum merdeka saat ini adalah model discovery learning. J.iBruner berpendapat bahwa pada discovery learning secara aktif siswa belajar melalui usaha sendiri untuk mencari pemecahan masalah serta pengetahuan yang menyertainya dan menghasilkan pengetahuan yang benar-benar bermakna. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap pemahaman konsep matematika siswa, 2) Untuk mengetahui besar pengaruh model discovery learning terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design dan jenis desain Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh sampel kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulam data menggunakan tes dan dokumentasi. Tes yang digunakan berupa post tes yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t dan uji effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh model discovery learning terhadap pemahaman konsep siswa kelas VII pada materi aljabar di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung. 2) Besar pengaruh model Discovery Learning terhadap pemahaman konsep siswa kelas VII pada materi aljabar di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung dalam kategori tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Matematika > Variabel
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202112 NANA MAR'ATUL HUSNA
Date Deposited: 04 Jul 2024 02:20
Last Modified: 04 Jul 2024 02:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48018

Actions (login required)

View Item View Item