PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI STATISTIKA KELAS X SMAN 1 DURENAN TRENGGALEK

MIFTAKHUL KHASANAH, 126204203164 (2024) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI STATISTIKA KELAS X SMAN 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (662kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (848kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (602kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Pendekatan Metaphorical Thinking terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Statistika Kelas X SMAN 1 Durenan Trenggalek” ditulis oleh Miftakhul Khasanah, NIM 126204203164, pembimbing Dr. Musrikah, S.Pd. I, M.Pd. Kata Kunci : Pendekatan Metaphorical Thinking, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis dan hasil belajar peserta didik. Hal ini disebabkan karena peserta didik belum dapat merasakan manfaat belajar matematika dalam kehidupan sehari-hari, karena di awal pembelajaran tidak dikaitkan pada hubungan konsep dengan masalah nyata. Dalam konteks ini menunjukkan bahwa peserta didik kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Sehingga diperlukan adanya pendekatan pembelajaran yang memudahkan peserta didik menemukan solusi, memahami konsep dan masalah, serta mengembangkan kemampuannya yang dititik beratkan pada kemampuan menghubungkan antara konsep matematika dan fenomena nyata yang ada disekitar. Konsep berpikir yang menekankan pada hubungan matematika dan fenomena nyata adalah pendekatan metaphorical thinking. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan metaphorical thinking terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas X materi statistika di SMAN 1 Durenan Trenggalek. 2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan metaphorical thinking terhadap hasil belajar peserta didik kelas X materi statistika di SMAN 1 Durenan Trenggalek. 3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan metaphorical thinking terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan hasil belajar peserta didik kelas X materi statistika di SMAN 1 Durenan Trenggalek. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu quasi experimental design dengan rancangan The Nonequivalent Posstest-Only Control Design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas X sedangkan sampel yang akan diteliti yaitu kelas X-F sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 siswa dan kelas X-I sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan soal tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis (uji independent samples T-Test dan uji Multivariate Analisis of Variance). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh penerapan pendekatan metaphorical thinking terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas X materi statistika di SMAN 1 Durenan Trenggalek. Hal ini dapat dilihat berdasarkan uji-t diperoleh nilai signifikan 0,000 ≤ 0,005. 2) Ada pengaruh penerapan pendekatan metaphorical thinking terhadap hasil belajar peserta didik kelas X materi statistika di SMAN 1 Durenan Trenggalek. Hal ini dapat dilihat berdasarkan uji-t diperoleh nilai signifikan 0,000 ≤ 0,005. 3) Ada pengaruh penerapan pendekatan metaphorical thinking terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan hasil belajar peserta didik kelas X materi statistika di SMAN 1 Durenan Trenggalek. Hal ini dapat dilihat berdasarkan uji manova diperoleh nilai signifikan 0,000 ≤ 0,005.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Statistika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204203164 MIFTAKHUL KHASANAH
Date Deposited: 08 Jul 2024 08:14
Last Modified: 08 Jul 2024 08:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48072

Actions (login required)

View Item View Item