PENGARUH PEMASARAN DIGITAL, MODAL USAHA DAN INOVASI PRODUK TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) KAMPUNG PISANG DI DESA TREPAN BABAT KABUPATEN LAMONGAN

IHDAYATUS SYAFA'ATI ZAHRO, 126402201054 (2024) PENGARUH PEMASARAN DIGITAL, MODAL USAHA DAN INOVASI PRODUK TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) KAMPUNG PISANG DI DESA TREPAN BABAT KABUPATEN LAMONGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (348kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (63kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemasaran Digital, Modal Usaha dan Inovasi Produk Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kampung Pisang di Desa Trepan Babat Kampung Lamongan” ditulis oleh Ihdayatus Syafa’ati Zahro, NIM. 126402201054, pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang memiliki peran penting dalam menciptakan lapangan pekerjaan serta meningkatkan pendapatan masyarakat, pasca terjadinya wabah Covid-19 yang mempengaruhi perkembangan perekonomian di Indonesia, salah satu yang merasakan dampak tersebut adalah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kampung Pisang di Desa Trepan Babat Kabupaten Lamongan. UMKM merupakan salah satu sektor utama untuk menciptakan lapangan kerja dan meninggkatkan pendapatan masyarakat. Namun pada saat ini terjadi penurunan pendapatan pelaku UMKM dikarenakan kurangnya modal yang digunakan untuk menjalankan usaha, belum optimalnya penggunaan media digital sebagai tempat untuk pemasaran, serta banyaknya pesaing sehingga perlu adanya inovasi untuk meningkatkan penjualan. Tujuan penelitian ini sebagai berikut: (1) Untuk menguji pengaruh secara signifikan pemasaran digital terhadap peningkatan pedapatan UMKM kampung pisang di Desa Trepan Babat Kabupaten Lamongan. (2) Untuk menguji pengaruh secara signifikan modal usaha terhadap peningkatan pedapatan UMKM kampung pisang di Desa Trepan Babat Kabupaten Lamongan. (3) Untuk menguji pengaruh secara signifikan inovasi produk terhadap peningkatan pedapatan UMKM kampung pisang di Desa Trepan Babat Kabupaten Lamongan. (4) Untuk menguji variabel manakah yang berpengaruh secara simultan dari pemasaran digital, modal usaha dan inovasi produk terhadap peningkatan pedapatan UMKM kampung pisang di Desa Trepan Babat Kabupaten Lamongan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kampung Pisang di Desa Trepan Babat Kabupaten Lamongan. Teknik pengambilan sampel mengunakan total sampling yaitu seluruh populasi yang ada dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data mengunakan kuisioner yang diberikan kepada pelaku UMKM Kampung Pisang sebanyak 52 responden. Teknik pengolahan data mengunakan SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) rasio pemasaran digital berpengaruh postif siginifian terhadap pendapatan dengan nilai signifikansi 0,000. (2) rasio modal berpengaruh postif siginifian terhadap pendapatan dengan nilai signifikansi 0,003 (3) rasio inovasi produk berpengaruh postif siginifian terhadap pendapatan dengan nilai signifikansi 0,000 (4) rasio pemasaran digital, modal usaha dan inovasi produk secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap pendapat dengan nilai signifikasi 40,9%, sedangkan faktor lainya dipengaruhi variabel lain 59,1%. Kata Kunci: Pendapatan, UMKM, dan Pemasaran Digital, Modal Usaha, Inovasi

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402201054 IHDAYATUS SYAFA'ATI ZAHRO
Date Deposited: 05 Jul 2024 04:05
Last Modified: 05 Jul 2024 04:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48105

Actions (login required)

View Item View Item