KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII MTs AS SYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG MATERI HIMPUNAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

ANITA LIANA NINDYASARI, 126204203194 (2024) KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII MTs AS SYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG MATERI HIMPUNAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (974kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (327kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII MTs As Syafi’iyah Gondang Tulungagung Materi Himpunan Ditinjau Dari Gaya Belajar” ini ditulis oleh Anita Liana Nindyasari, NIM. 126204203194. Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci : Pemahaman Konsep Matematis, Gaya Belajar, Himpunan. Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan yang penting dimiliki dan dikembangkan oleh peserta didik. Karena sebagai pondasi untuk membangun konsep pengetahuan. Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan dasar yang penting bagi keberhasilan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan aspek gaya belajar. Gaya belajar sendiri terbagi menjadi tiga yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Pemahaman konsep peserta didik ditentukan oleh gaya belajar yang mereka miliki. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik gaya belajar visual pada kelas VII di MTs Assyafi’iyah Gondang, (2) untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik gaya belajar auditori pada kelas VII di MTs Assyafi’iyah Gondang, (3) untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik gaya belajar kinestetik pada kelas VII di MTs Assyafi’iyah Gondang. Pendekatan yang dilakukan dalam penulisan ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilakukan di kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket gaya belajar, tes kemampuan pemahaman konsep matematis, dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah dua peserta didik dengan gaya belajar visual, dua peserta didik dengan gaya belajar auditori, dua peserta didik dengan gaya belajar kinestetik yang diambil acak sesuai kategori gaya belajar. Dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan/pengecekan teman sejawat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik yang mana (1) Peserta didik dengan gaya belajar visual memenuhi 5 dari 6 indikator kemampuan pemahaman konsep. (2) Peserta didik dengan gaya belajar auditori memenuhi 5 dari 6 indikator kemampuan pemahaman konsep. (3) Peserta didik dengan gaya belajar kinestetik memenuhi 6 indikator kemampuan pemahaman konsep. Berdasarkan hasil angket tes dan wawancara kedua subjek yakni visual dan auditori tidak menuliskan bagian yang penting menjadi tujuan tetapi mampu menemukan jawaban serta menarik kesimpulan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204203194 ANITA LIANA NINDYASARI
Date Deposited: 22 Jul 2024 04:50
Last Modified: 22 Jul 2024 04:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48115

Actions (login required)

View Item View Item