KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VII MTsN 1 BLITAR

MIATUS SHOLEKAH, 126204201009 (2024) KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VII MTsN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (507kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil TIMSS dan PISA yang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi perlu ditingkatkan. Kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah salah satu kemampuan matematika yang berperan dalam menyelesaikan permasalahan matematika sehingga harus dikuasai oleh siswa. Kemampuan berpikir tingkat tinggi perlu dikembangkan dengan sikap positif terhadap matematika yang dikenal dengan disposisi matematis. Disposisi matematis merupakan faktor utama dalam menentukan kesuksesan belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan disposisi matematis tinggi dalam menyelesaikan soal persamaan linear satu variabel kelas VII MTsN 1 Blitar, (2) mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan disposisi matematis sedang dalam menyelesaikan soal persamaan linear satu variabel kelas VII MTsN 1 Blitar, dan (3) mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan disposisi matematis rendah dalam menyelesaikan soal persamaan linear satu variabel kelas VII MTsN 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik sampling yang digunakan yaitu purpose sampling. Subjek pada penelitian ini adalah 2 siswa dengan disposisi matematis tinggi, 2 siswa dengan disposisi matematis sedang, dan 2 siswa dengan disposisi matematis rendah dari kelas VII-8 MTsN 1 Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data hasil tes tertulis dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi yaitu menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Teknik keabsahan data dilakukan berdasarkan ketekunan pengamat, triangulasi teknik, dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan disposisi matematis tinggi dalam menyelesaikan soal persamaan linear satu variabel kelas VII MTsN 1 Blitar mampu memenuhi indikator menganalisis, negevaluasi, dan mencipta dengan sangat baik, (2) kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan disposisi matematis sedang dalam menyelesaikan soal persamaan linear satu variabel kelas VII MTsN 1 Blitar mampu memenuhi indikator menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta dengan cukup baik, dan (3) kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan disposisi matematis rendah dalam menyelesaikan soal persamaan linear satu variabel kelas VII MTsN 1 Blitar mampu memenuhi indikator menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta dengan kurang baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Linear
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204201009 MIATUS SHOLEKAH
Date Deposited: 08 Jul 2024 08:21
Last Modified: 08 Jul 2024 08:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48192

Actions (login required)

View Item View Item