IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA KELAS VIII DI MTsN 1 TULUNGAGUNG

MIR’ATUL KHOIRIYAH, 126209202079 (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA KELAS VIII DI MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (818kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (954kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (758kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (454kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Kelas VIII Di MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Mir’atul Khoiriyah, NIM : 126209202079, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Nur Isroatul Khusna, M.Pd. Kata kunci : Impelemtasi, Kurikulum Merdeka, Pendidikan, IPS. Kurikulum merdeka adalah kebijakan baru dalam dunia pendidikan. Tidak sedikit tenaga pendidik masih mengalami kesulitan dalam pengimplementasian kurikulum merdeka. MTsN 1 Tulungagung adalah salah satu madrasah yang telah mengimplementasikan kurikulum merdeka dalam pembelajarannya. Beberapa istilah pada kurikulum merdeka berbeda dengan kurikulum sebelumnya dan juga perlu waktu untuk beradaptasi dengan pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka ini. Fokus penelitian yang didapat dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana perencanaan pembelajaran kurikulum merdeka pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial, 2) bagaimana pelaksanaan kurikulum merdeka pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial, 3) bagaimana evaluasi pembelajaran kurikulum merdeka pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Paparan fokus penelitian tersebut mempunyai tujuan yaitu 1) untuk mendeskripsikan perencanaan kurikulum merdeka pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial, 2) untuk mendeskripsikan mengenai pelaksanaan kurikulum merdeka pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial, 3) untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran pada kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di MTsN 1 Tulungagung. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII, guru mata pelajaran IPS, wakil kepala bidang kurikulum dan juga kepala sekolah. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka telah berjalan dengan baik. Perencanaan yang dilakukan oleh sekolah adalah dengan menyusun modul ajar dan juga melakukan workshop untuk pengenalan kurikulum merdeka. Sarana dan prasarana pendukung juga telah tersedia seperti wifi dan smart tv, dalam pelaksanaan evaluasi sekolah menggunakan website yaitu CAT. Kendala yang dihadapi adalah kompetensi pendidik yang perlu ditingkatkan, kendala mengenai jaringan dan keterbatasan referensi, serta dalam mengolah pembelajaran dalam kelas. Solusi dari kendala yang terjadi adalah dengan melakukan penguatan kompetensi melalui koordinasi bersama dan juga pengecekan secara berkala fasilitas yang sudah ada. Penelitian ini memberi saran dan rekomendasi bahwa penelitian ini bisa menjadi acuan untuk sekolah yang masih proses pengimplementasian kurikulum merdeka, serta untuk pemerintah dan pihak terkait agar bisa menentukan kebijakan yang harus dilakukan selanjutnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209202079 MIR'ATUL KHOIRIYAH
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:14
Last Modified: 09 Jul 2024 02:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48249

Actions (login required)

View Item View Item