PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIRTUAL DAN RIIL LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA MATERI ASAM BASA DAN GARAM KELAS VII DI MTsN 1 BLITAR

BINTI MA'UNNAH, 12212173040 (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIRTUAL DAN RIIL LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA MATERI ASAM BASA DAN GARAM KELAS VII DI MTsN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (592kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Virtual dan Riil Laboratorium Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Materi Asam Basa Dan Garam Kelas VII di MTsN 1 Blitar” yang ditulis oleh Binti Ma’unnah, NIM. 12212173040, Program Studi Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu Tutik Sri Wahyuni M.Pd. Kata kunci: Model Discovery Learning, Laboratorium Virtual, Laboratorium Rill, Hasil Belajar Penelian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui keterlaksanaan model discovery learning berbantuan virtual dan riil laboratorium terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi asam basa dan garam kelas VII di MTsN 1 Blitar, (2) untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan virtual dan riil laboratorium terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi asam basa dan garam kelas VII di MTsN 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasy experimental). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan tes untuk mengukur hasil belajar yang dapat dilakukan dengan bantuan virtual maupun riil laboratorium. Hasilnya terdapat 35 butir soal yang dinyatakan valid dengan reliabilitas sebesar 0,854 yang termasuk kategori tinggi. Uji hipotesis dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji Wilcoxon berdasarkan jumlah sampel yang sama dengan hasil data yang terdistribusi tidak normal dan homogen yang digunakan pada aspek pengetahuan, uji independent test berdasarkan jumlah sampel yang berbeda dengan hasil data yang terdistribusi normal dan homogen yang digunakan pada aspek sikap, dan uji mann whitney berdasarkan jumlah sampel yang berbeda dengan hasil data yang terdistribusi tidak normal dan homogen yang digunakan pada aspek keterampilan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penelitian model discovery learning berbantuan virtual laboratorium dan berbantuan riil laboratorium pada pelajaran IPA materi asam basa dan garam di MTsN 1 Blitar terlaksana dengan baik dengan persentase sebesar 80% (2) terdapat pengaruh pada penggunaan model discovery learning berbantuan virtual dan riil laboratorium terhadap hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan dilihat dari rata-rata nilai pretest dan nilai posttest pada kelas eksperimen dan kontrol bahwa Zhitung sebesar -4.160 dan -4.409 < Z0,05 (1,69), Pada nilai rata-rata pretest di kelas kontrol dan eksperimen menunjukkan nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,664 dan nilai rata-rata posttest di kelas kontrol dan eksperimen menunjukkan nilai signifikan (2-tailed) 0,951, nilai tersebut lebih besar dari nilai taraf signifikansi yaitu 0,05, yang berarti tidak ada pengaruh yang signifikan pada aspek sikap, sedangkan dari aspek keterampilan tidak ada pengaruh yang signifikan dilihat dari rata-rata nilai uji Z yang kecil senilai -,355 dan nilai asymp.signifikansi 2 tailed berjumlah 0,723 > dari angka signifikansi yaitu 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212173040 BINTI MA`UNNAH
Date Deposited: 09 Jul 2024 04:26
Last Modified: 09 Jul 2024 04:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48270

Actions (login required)

View Item View Item