KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VII – 9 DI MTsN 1 BLITAR

LUTHFI RIADHATUS SHOLIKAH, 126204201010 (2024) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VII – 9 DI MTsN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Skripsi dengan Judul “Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau Dari Disposisi Matematis Siswa Kelas VII – 9 Di MTsN 1 Blitar” ini ditulis oleh Luthfi Riadhatus Sholikah, NIM. 126204201010, dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan literasi matematis, disposisi matematis Kemampuan literasi matematis adalah kemampuan seseorang untuk merumuskan, menggunakan, dan merumuskan matematika dalam berbagai konteks yang melibatkan aspek matematika yang membantu mengetahui kegunaan matematika dalam membuat keputusan untuk menyelesaikan masalah kehidupan nyata. Dari hasil penilaian PISA menunjukan bahwa kemampuan literasi matematis siswa di Indonesia tergolong masih rendah. Sehingga untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa dapat dilakukan dengan melatih siswa untuk mengerjakan soal HOTS. Selain itu, kemampuan literasi matematis perlu dikembangkan dengan sikap positif terhadap matematika atau yang disebut dengan disposisi matematis. Hal ini dikarenakan apabila siswa memiliki sikap yang positif terhadap matematika, maka siswa akan memiliki rasa ingin tahu, motivasi, dan apresiasi dalam pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa kelas VII-9 yang memilliki disposisi matematis tinggi, sedang, dan tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS di MTsN 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di MTsN 1 Blitar yang beralamat di Jalan Ponpes Al-Kamal Kunir, Wonodadi, Blitar. Metode pengumpulan data berupa observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan/keajegan pengamat, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki disposisi matematis tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan literasi matematis sampai, tetapi salah satu siswa belum mampu menghubungkan sumber informasi baru, siswa yang memiliki disposisi matematis sedang mampu memenuhi indikator kemampuan literasi matematis sampai level 4, dan siswa yang memiliki disposisi matematis rendah mampu memenuhi indikator kemampuan literasi matematis sampai level 4, tetapi salah satu siswa belum mampu mengkomunikasikan dengan argumentasi berdasarkan hasil interpretasinya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa (1) Kemampuan literasi matematis siswa yang memiliki disposisi matematis tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS mampu mencapai level 6 dan level 5, (2) Kemampuan literasi matematis siswa yang memiliki disposisi matematis sedang dalam menyelesaikan soal HOTS mampu mencapai level 4, (3) Kemampuan literasi matematis siswa yang memiliki disposisi matematis rendah dalam menyelesaikan soal HOTS mampu mencapai level 3 dan level 4. Saran bagi peneliti selanjutnyadari hasil penelitian ini dapat dikembangkan dengan soal yang berbeda, seperti soal PISA, soal Olimpiade ataupun soal lainnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204201010 LUTHFI RIADHATUS SHOLIKAH
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:27
Last Modified: 31 Jul 2024 02:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48303

Actions (login required)

View Item View Item