PENERAPAN SCAFFOLDING UNTUK MENGATASI KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) KELAS X SMAN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG

ZILLA KHOIRU AINIYAH, 126204201047 (2024) PENERAPAN SCAFFOLDING UNTUK MENGATASI KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) KELAS X SMAN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ainiyah, Zilla Khoiru. 2024. Penerapan Scaffolding untuk Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Kelas X SMAN 1 Ngunut Tulungagung. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi : Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Scaffolding, Kesulitan, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Penelitian ini dilatarbelangi kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Dalam kegiatan pembelajaran matematika pasti berlangung proses pembelajaran dengan menyelesaikan masalah matematika. Masalah yang sering muncul adalah masalah sistem persamaan linear tiga variabel yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini pasti ada siswa yang mengalami kesulitan mengerjakan masalah tersebut. Untuk mengatasi kesulitan siswa diperlukan solusi berupa scaffolding. Scaffolding merupakan bantuan bimbingan kepada siswa agar dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear tiga variabel kelas X SMAN 1 Ngunut Tulungagung. (2) mendeskripsikan bentuk penerapan scaffolding yang diberikan kepada siswa dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear tiga variabel kelas X SMAN 1 Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan 4 subjek yang berasal dari siswa kelas X-A SMAN 1 Ngunut Tulungagung tahun akademik 2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Bentuk kesulitan yang dialami oleh siswa kelas X-A SMAN 1 Ngunut Tulungagung adalah kesulitan pada proses memahami masalah, menyusun model matematika, menentukan operasi penyelesaian masalah sistem persamaan linear tiga variabel dan proses penarikan kesimpulan. (2) Bentuk penerapan scaffolding untuk kesulitan memahami masalah diantaranya siswa membaca kembali masalah, melakukan tanya jawab untuk mengungkapkan informasi yang didapat dan mengarahkan siswa kejawaban yang benar. Kesulitan menyusun model matematika diterapkan scaffolding dengan siswa membaca kembali masalah, melakukan tanya jawab untuk mengungkapkan informasi yang didapat dan membawa siswa ke situasi yang dikenal agar dapat mengarahkan siswa kejawaban yang benar. Kesulitan menentukan operasi penyelesaian masalah diterapkan scaffolding dengan siswa membaca kembali masalah dan mengungkapkan informasi yang didapat, memberikan arahan kepada siswa untuk dapat memahami penyelesaian masalah secara sederhana dan teliti, membantu siswa ke situasi sederhana sebagai bentuk penyederhanaan masalah. Kesulitan penarikan kesimpulan diterapkan scaffolding dengan meminta siswa menunjukan hasil pekerjaannya, mengarahkan siswa untuk menunjukan apa yang telah diperoleh.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204201047 ZILLA KHOIRU AINIYAH
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:55
Last Modified: 09 Jul 2024 03:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48306

Actions (login required)

View Item View Item