PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR PADA KELAS VII MTsN 1 TULUNGAGUNG

EDIV INDRA WAHYUDI, 126211201029 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR PADA KELAS VII MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Lampiran .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor Pada Kelas VII MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Ediv Indra Wahyudi, NIM. 126211201029, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan,S.Si., M.Si. Kata kunci: Discovery Learning, Motivasi belajar, Hasil belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa, yang dimana hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Hal ini terjadi karena guru masih menggunakan model konvensional. Dengan pemilihan teknik pembelajaran yang tepat diharapkan dapat mewujudkan pembelajaran yang baik sehingga mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru agar mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sehingga akan meningkatkan motivasi dan hasil belajar adalah melalui Discovery Learning. Tujuan penelitian ini adalah : 1) mengetahui ada tidaknya pengaruh Discovery Learning terhadap motivasi belajar peserta didik pada materi suhu dan kalor kelas VII MTsN 1 Tulungagung, 2) mengetahui ada tidaknya pengaruh Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi suhu dan kalor kelas VII MTsN 1 Tulungagung, 3) mengetahui ada tidaknya pengaruh Discovery Learning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi suhu dan kalor kelas VII MTsN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 1 Tulungagung sebanyak 270 siswa. Pada penelitian ini menggunakan teknik sampel purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII F sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas VII E sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah : 1) angket, 2) tes, 3) dokumentasi. Analisis data yang digunakan ada tiga uji yaitu: 1) uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), 2) uji prasyarat (uji normalitas dan homogentitas), 3) uji hipotesis (uji t dan uji MANOVA). Hasil penelitian ini adalah : 1) Terdapat pengaruh Discovery Learning terhadap motivasi belajar peserta didik pada materi suhu dan kalor kelas VII MTsN 1 Tulungagung. Ditunjukkan dengan nilai sig. (2-tailed) 0,029 < 0,05 yang menandakan Ha diterima, 2) Terdapat pengaruh Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi suhu dan kalor kelas VII MTsN 1 Tulungagung. Ditunjukkan dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang menandakan Ha diterima, 3) Terdapat pengaruh Discovery Learning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi suhu dan kalor kelas VII MTsN 1 Tulungagung. Ditunjukkan dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang menandakan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211201029 EDIV INDRA WAHYUDI
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:52
Last Modified: 16 Jul 2024 08:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48350

Actions (login required)

View Item View Item