NURHIDAYATUL MU'ALIMAH, 126205202119 (2024) STRATEGI GURU KELAS DALAM MEMBENTUK KARAKTER SOPAN SANTUN PESERTA DIDIK DI MI NURUL JADID KOLOMAYAN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (443kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (234kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (406kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (379kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian dengan judul ”Strategi Guru Kelas dalam Membentuk Karakter Sopan Santun Peserta Didik di MI Nurul Jadid Kolomayan Blitar” ini ditulis oleh Nurhidayatul Mu’alimah, NIM 126205202119, dosen pembimbing Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M, Ag. Kata Kunci: Strategi Guru Kelas, Karakter, Sopan Santun Permasalahan yang terjadi sekarang ini, banyak anak yang kurang memiliki karakter sopan santun. Faktor lingkungan dan pergaulanmenjadi penyebab dari lunturnya karakter sopan santun yang dimiliki oleh peserta didik. Pudarnya karakter sopan santun peserta didik dapat dilihat dari tutur katanya yang menjadi kasar. Kebiasaan kurang sopan yang dilakukan peserta didik di lingkungan rumahakan terbawa ke sekolah, sehingga sekolah memiliki peran dalam membentuk karakter sopan santun kepada peserta didik.Guru mempunyai tugas untuk membimbing dan membentuk karakter sopan santun peserta didik di sekolah. Pembentukan karakter sopan santun dapat memberikan pemahaman dan pertahanan terhadap peserta didik. Penanaman karakter sopan santun diharapkan dapat memperbaiki moral peserta didik menjadi lebih baik. Peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana upaya guru kelas rendah dalam menanamkan karakter sopan santun peserta didik di MI Nurul Jadid Kolomayan Blitar? (2) Bagaimana upaya guru kelas tinggi dalam menanamkan karakter sopan santun peserta didik di MI Nurul Jadid Kolomayan Blitar? (3) Bagaimana kendala dan solusi guru kelas dalam menanamkan karakter sopan santun peserta didik di MI Nurul Jadid Kolomayan Blitar? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitianstudi lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Upaya guru kelas rendah dalam membentuk karakter sopan santun dengan menanamkan tutur kata yang sopan, membiasakan peserta didik mengucapkan salam ketika keluar masuk kelas dan meminta izin ketika mau ke kamar mandi. (2) Upaya guru kelas tinggi dalam membentuk karakter sopan santun dengan memberikan teladan yang baik kepada peserta didik, membiasakan peserta didik denganberbicara yang baik dan pembiasaan yangdilakukan sebelum pembelajaran. (3) Kendala yang dirasakan guru kelas rendah yaitu faktor lingkungan dan orang tua, solusi yaitu, adanya buku penghubung dan sosialisasi dengan orang tua. Sedangkan kendala guru kelas tinggi yaitu faktor lingkungan dan peserta didik yang tidak menurut, solusi yang diberikan oleh guru kelas tinggi yaitu selalu mengingatkan peserta didik untuk berperilaku sopan dan selalu menasihati.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205202119 NURHIDAYATUL MU'ALIMAH |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:45 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48362 |
Actions (login required)
View Item |