PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM ADIWIYATA PADA SISWA IPS KELAS IX DI SMPN 2 KAUMAN TULUNGAGUNG

FARZDA DWI PRAHANDANI, 126209201025 (2024) PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM ADIWIYATA PADA SISWA IPS KELAS IX DI SMPN 2 KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (816kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul ‘’Penanaman Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata Pada Siswa IPS Kelas IX Di SMPN 2 Kauman Tulungagung’’ ini ditulis oleh Farzda Dwi Prahandani NIM. 126209201025, pembimbing Hendra Pratama, M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan, Program Adiwiyata Penanaman pendidikan karakter peduli lingkungan kepada siswa melalui program adiwiyata sangatlah penting mengingat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang membuat perilaku manusia semakin mengekploitasi sumber daya alam dan hilangnya kepedulian terhadap lingkungan. Melalui program adiwiyata pendidikan karakter peduli lingkungan diharapkan dapat membangkitkan dan mewujudkan kepedulian lingkungan dengan mengenalkan pada anak-anak pentingnya pelestarian lingkungan. Pelestarian lingkungan bisa diupayakan terutama di sekolah melalui program adiwiyata. Salah satu sekolah di Kabupaten Tulungagung yang sudah menyandang predikat adiwiyata yaitu SMPN 2 Kauman Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) mengetahui kegiatan penanaman pendidikan karakter peduli lingkungan melalui program adiwiyata pada siswa IPS kelas IX di SMPN 2 Kauman Tulungnagung, 2) mengetahui strategi dalam penanaman pendidikan karakter peduli lingkungan melalui program adiwiyata pada siswa IPS kelas IX di SMPN 2 Kauman Tulungnagung, 3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat penanaman pendidikan karakter peduli lingkungan melalui program adiwiyata pada siswa IPS kelas IX di SMPN 2 Kauman Tulungnagung. Hasil yang didapat pada penelitian menunjukkan bahwa 1) pada kelas VII, melalui sosialisasi pengenalan sampah, sosialisasi pemilihan sampah, serta sosialisasi bank sampah, pada kelas VIII sudah mulai ada pemantapan karakter peduli terhadap lingkungan dengan disiplin melalui piket kelas, jumat’bersih, tidak membuang sampah smbarangan, menjaga kelas dan halaman agar tetap bersih, tanggungjawab dengan bersedia menerima hukuman jika melakukan kesalahan, pada kelas IX ini sudah menjadi tauladan bagi adik kelasnya dengan memberi contoh menanam pohon serta perawatan pohon, 2) strateginya dengan sekolah mengikuti lomba, serta sekolah membuat aturan berkaitan dengan adiwiyata, jika ada yang melanggar akan mendapatkan hukuman, 3) faktor pendukungnya seperti keteladanan, ketegasan guru, peraturan sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya seperti biaya operasional adiwiyata, kebiasaan siswa, kurang kesadaran siswa menaati aturan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209201025 FARZDA DWI PRAHANDANI
Date Deposited: 10 Jul 2024 08:31
Last Modified: 10 Jul 2024 08:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48367

Actions (login required)

View Item View Item