PENGARUH MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU

ANISA ALFA FAUZIAH, 126205201002 (2024) PENGARUH MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (436kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Ular Tangga Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Anisa Alfa Fauziah, NIM 126205201002. Progam studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah Ilmu dan Keguruan (FTIK), UIN SATU Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Khabibur Rohman, M.Pd.I. Kata Kunci : Media Ular Tangga, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Hasil pengamatan menunjukkan bahwa di MI Darul Huda peran guru di dalam kelas masih sangat dominan sebagai sumber utama pengetahuan, masih ada kekurangan dalam inovasi dan kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran. Hal ini berdampak pada kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar yang rendah, yang disebabkan oleh media pembelajaran yang kurang menarik dan bervariasi. Diantara media yang dapat dijadikan sebagai alternatif, peneliti memilih media ular tangga yang terlihat menarik sebagai media pembelajaran. Kenyataan inilah yang mendorong peneliti menarik untuk melakukan penelitian dengan tema seberapa besar pengaruh media ular tangga sebagai alat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penggunaan media ini diharapkan dapat menarik perhatian siswa, membuat mereka lebih antusias belajar di dalam kelas, dan merasa senang selama proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Pengaruh Media Ular Tangga Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Kelas V pada Mata Pelajaran Fikih di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. (2) Bagaimana Pengaruh Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas V pada Mata Pelajaran Fikih di MI darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk Mengetahui Pengaruh media Ular Tangga Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Kelas V pada Mata Pelajaran Fikih di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. (2) Untuk Mengetahui Pengaruh Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas V pada Mata Pelajaran Fikih di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling, yaitu kelas VA sejumlag 19 siswa sebagai kelas eksperimen dan VB sejumlah 16 siswa sebagai kelas kontrol, Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah kuesioner dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas untuk uji prasyarat, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji T-test yaitu Independent Sampel T-test dan uji N-gain score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan antara media ular tangga terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V, Hal ini dilihat dari perolehan thitung sebesar 2.438 dan sig (2 tailed) adalah 0,000 karena thitung > ttabel atau 2,438 > 2,032 dan sig (2 tailed) 0,000 <0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Ada pengaruh yang signifikan media permainan ular tangga terhadap hasil belajar siswa kelas V. Hal ini dilihat dari perolehan thitung sebesar 3,373 dan sig (2 tailed) adalah 0,000, karena thitung > ttabel 3,373 > 2,032 dan sig (2 tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan penggunaan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Fikih di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201002 ANISA ALFA FAUZIAH
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:37
Last Modified: 10 Jul 2024 04:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48383

Actions (login required)

View Item View Item