ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL FISIKA TIPE HOTS (HIGHT ORDER THINKING SKILL) PADA FLUIDA STATIS DI MA DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG

KUSNADI, 126211201032 (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL FISIKA TIPE HOTS (HIGHT ORDER THINKING SKILL) PADA FLUIDA STATIS DI MA DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (915kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (652kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (856kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (811kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (971kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (785kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memecahkan Soal Fisika Tipe HOTS (Haight Order Thinking Skill) Pada Materi Fluida Statis Di MA Darul Hikmah Tulungagung” yang ditulis oleh Kusnadi, NIM. 126211201032, pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata kunci : Kesulitan Belajar, Berpikir Tingkat Tinggi, HOTS Keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) adalah keterampilan memecahkan masalah yang kompleks secara sistematis dan akurat. HOTS adalah kemampuan berpikir kritis (menganalisis dan mengevaluasi), kreativitas (merumuskan, merencanakan dan membuat), pemecahan masalah, penalaran dan pengambilan keputusan. Rendahnya tingkat berpikir peserta didik dapat di lihat dari tingkah lakunya, yaitu rasa ingin tahu dalam mencari informasi masih rendah. Hal ini telah dibuktikan oleh peserta didik hanya mendapat informasi dari gurunya. Pengaruhnya terletak pada peserta didik gagal mengembangkan keterampilan berpikir, khususnya kemampuan berpikir tingkat tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui bentuk kesulitan siswa dalam konsep Fluida Statis Kelas XI di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung, (2) Mengetahui faktor-faktor kesulitan belajar peserta didik pada konsep Fluida Statis Kelas XI di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung, (3) Mengetahui upaya guru Fisika mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada materi Fluida Statis kelas XI di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan belajar peserta didik dan Untuk mengetahui upaya guru Fisika mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada materi Fluida Statis kelas XI di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung, baik yang diperoleh dari observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Deskripsi inilah yang nantinya akan digunakan peneliti dalam menjawab fokus penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan: Bentuk kesulitan belajar siswa diantaranya: 1) Siswa dengan kemampuan berfikir tingkat tinggi tidak mampu menunjukkan indikator menyelesaikan masalah verbal, siswa dengan kemampuan berfikir tingkat sedang tidak mampu menunjukkan indikator menerapkan prinsip, siswa dengan kemampuan berfikir tingkat rendah tidak mampu menunjukkan indikator mempelajari konsep. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar peserta didik pada Pelajaran Fluida Statis Kelas XI di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung adalah kondisi fisik, kondisi psikologis, lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah, faktor motivasi dan apresiasi. 3) Upaya guru fisika mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada materi guru harus memberikan tugas setelah memperkenalkan materi pelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211201032 KUSNADI
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:52
Last Modified: 10 Jul 2024 04:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48389

Actions (login required)

View Item View Item