STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MA AL-FATTAHIYYAH NGRANTI BOYOLANGU TULUNGAGUNG

AGUNG BUDI CAHYONO, 126201202178 (2024) STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MA AL-FATTAHIYYAH NGRANTI BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (882kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (689kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MA Al-Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung” yang ditulis oleh Agung Budi Cahyono, NIM 126201202178. Dosen Pembimbing Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil, I. Kata kunci : Strategi Guru, Sejarah Kebudayaan Islam, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi fenomena penurunan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Al-Fattahiyyah. Penurunan motivasi belajar ini diperlukan penanganan secara serius dengan menerapkan strategi belajar yang inovatif. Untuk menerapkan strategi belajar yang inovatif dibutuhkan formula strategi yang matang dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Maka peneliti tertarik untuk meneliti strategi Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MA Al-Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung. Fokus penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi strategi Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di Ma Al-Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung? adapun tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi strategi Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di Ma Al-Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan Jenis penelitian lapangan (field research). Pada penelitian ini, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dalam menganalisis data penelitian menggunakan tahapan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, ketekukan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Perencanaan strategi guru sejarah kebudayaan islam dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik, yaitu guru melakukan assessmen awal ataupun komunikasi antar guru dalam merencanakan strategi pembelajaran, membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sesuai dengan panduan kurikulum Kemenag dan membuat perencanaan strategi pembelajaran dan media pembelajaran. (2) Pelaksanaan strategi guru sejarah kebudayaan islam dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik, yaitu tahapan pelaksanaan pembelajaran terdiri kegiatan pembukaan, inti dan penutup, guru menerapkan berbagai strategi, metode dan media pembelajaran yang inovatif, guru menggunakan langkah-langkah preventif dan refresif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan respon siswa penggunakan strategi yang bervariasi peserta didik menjad antusias dan tumbuh motivasi belajar SKI. (3) Evaluasi strategi guru sejarah kebudayaan islam dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik yaitu guru mengevaluasi peserta didik menggunakan pelaksanaan evaluasi melalui ujian tes tulis dan lisan, guru mengevaluasi perencanaan dan pelaksanaan strategi yang telah dilaksanakan, evaluasi kendala dalam pemembelajaran SKI adalah kelemahan dalam menghafal tanggal, tahun dan nama tokoh-tokoh, upaya guru untuk mengatasi kendala pembelajaran dengan menerapakan strategi, metode, media dan teknik yang bervariasi, tindak lanjut strategi guru menekankan adanya evaluasi dan reflkesi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202178 AGUNG BUDI CAHYONO
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:28
Last Modified: 11 Jul 2024 07:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48422

Actions (login required)

View Item View Item