PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDN 2 KERJO KARANGAN TRENGGALEK

PUTRI JAMI'ATUL FUADAH, 126201203307 (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDN 2 KERJO KARANGAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (868kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (72kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SDN 2 Kerjo Karangan Trenggalek” ini ditulis oleh Putri Jami’atul Fuadah, NIM 126201203307, dosen pembimbing Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M. Ag. Kata Kunci: Peran guru, Pendidikan Agama Islam, Motivasi belajar. Peran guru Pendidikan Agama Islam sangat penting dalam proses pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yang mana didalamnya membahas sejarah, menghafal dan praktik yang dapat menurunkan motivasi belajar siswa. Guru memberikan dorongan motivasi belajar pada siswa untuk mempermudah kegiatan belajar-mengajar. Dorongan motivasi yang diberikan kepada siswa menumbuhkan keinginan dan kemauan untuk belajar sehingga tujuan dari pendidikan tercapai. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pengajar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN 2 Kerjo Karangan Trenggalek? 2) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pembimbing dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN 2 Kerjo Karangan Trenggalek? 3) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai motivator dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN 2 Kerjo Karangan Trenggalek? Berdasarkan fokus dan tujuan penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data utama atau primer yaitu sumber data hasil wawancara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan 3 triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik/metode dan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai seorang pengajar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN 2 Kerjo Karangan Trenggalek, mencurahkan seluruh pikiran serta tenaga untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, ketrampilan siswa. Memberikan metode pembelajaran yang menarik dan efektif, serta memberikan bantuan ketika siswa mengalamai kesulitan dalam mengerjakan tugas. 2) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai seorang pembimbing dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN 2 Kerjo karangan Trenggalek, guru menuntun untuk memberi solusi dalam pemecahan masalah serta melatih siswa senantiasa berperilaku baik. 3) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai seorang motivator dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN 2 Kerjo Karangan Trenggalek, guru memberi dorongan baik berupa pujian, kalimat penenang maupun memberikan nilai yang sepadan sesuai dengan usaha yang lakukan oleh siswa untuk memacu minat serta semangat siswa dalam proses belajarnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203307 PUTRI JAMI'ATUL FUADAH
Date Deposited: 10 Jul 2024 06:56
Last Modified: 10 Jul 2024 06:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48426

Actions (login required)

View Item View Item