PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS XI BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI ASAM BASA

NISA'UL MUFIDAH, 126212202069 (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS XI BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI ASAM BASA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (11MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Instrumen Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI Berbasis Multipel Representasi Pada Materi Asam Basa” ini ditulis oleh Nisa’ul Mufidah, NIM. 126212202069, pembimbing Ivan Ashif Ardhana, M.Pd. Kata Kunci : Instrumen penilaian, literasi sains, multipel representasi Penilaian yang dilakukan oleh PISA menunjukkan tingkat literasi sains siswa di Indonesia menempati urutan yang rendah. Salah satu penyebabnya adalah pembelajaran yang tidak konstektual yang menyebabkan siswa kesulitan menjelaskan konsep dari satu representasi ke representasi yang lain, seperti representasi makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. Ranah penilaian literasi sains yang dilakukan oleh PISA meliputi aspek konteks, pengetahuan, dan kompetensi. Namun, analisis soal PISA belum banyak menguji pada aspek multipel representasi. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dengan memberikan asesmen soal literasi sains. Materi asam basa merupakan materi kimia yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, tetapi bersifat abstrak dan memerlukan kemampuan multipel representasi untuk mempelajarinya, siswa belum mampu menentukan spesi yang berperan sebagai pemberi proton ataupun penerima proton. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan instrumen kemampuan literasi sains siswa kelas XI berbasis multipel representasi pada materi asam basa, (2) mengetahui kelayakan instrumen yang dikembangkan, dan (3) mendeskripsikan tingkat kemampuan literasi sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research & Development) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). yang dimodifikasi menjadi 3D. Instrumen yang dikembangkan pada penelitian ini merupakan instrumen soal literasi sains berbasis multipel representasi pada materi asam basa yang berbentuk soal uraian. Subjek yang diuji cobakan, yaitu sebanyak 31 siswa untuk uji coba pengembangan produk dan 62 siswa untuk uji coba skala sedang, dengan kriteria siswa kelas XI MAN 1 Tulungagung yang telah mendapat materi asam basa. Analisis data berupa uji validitas ahli; uji pengembangan produk berupa tingkat kesukaran, daya pembeda, reliabilitas, validitas empiris, angket respon siswa dan profil kemampuan literasi sains yang ditentukan melalui nilai ratarata pada uji coba skala sedang. Hasil analisis pengembangan menunjukkan (1) 10 soal masuk kriteria valid dan 9 soal masuk kriteria tidak valid yang nantinya akan dibuang. (2) Proporsi tingkat kesukaran soal yang diperoleh 3 soal kriteria sukar, 7 soal kriteria sedang, dan 9 soal kriteria mudah. Daya pembeda soal diperoleh 1 soal kriteria sangat baik, 4 soal kriteria baik, 5 soal kriteria cukup, 8 soal kriteria buruk, dan 1 soal kriteria sangat buruk. Adapun, reliabilitas instrumen diperoleh nilai 0,680 dengan kriteria tinggi dan dapat digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi sains. (3) Profil rata-rata tingkat kemampuan literasi sains siswa kelas XI pada materi asam basa memperoleh nilai 56,22 dengan kategori sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Bahasa Dan Sastra > Literasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212202069 NISA'UL MUFIDAH
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:14
Last Modified: 15 Jul 2024 08:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48451

Actions (login required)

View Item View Item