AHMAD HAFID, 2817123002 (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PESERTA DIDIK KELAS III MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (330kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (339kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (60kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (142kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Ahmad Hafid, NIM. 2817123002 Jurusan PGMI, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Muhammad Jazeri. M.Pd. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Talking Stick, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik kelas III MI Podorejo dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang kurang optimal, hal ini terlihat dari banyaknya peserta didik yang mendapatkan nilai di bawah KKM yang telah ditentukan, yaitu 70. Peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan metode pembelajarant talking stick diharapkan dapat membantu pemahaman peserta didik dalam belajar Sejarah Kebudayaan Islam, sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran talking stick pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pokok bahasan Sejarah Kelahiran Nabi Muhammad SAW. peserta didik kelas III di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar melalui penerapan metode pembelajaran talking stick pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pokok bahasan Sejarah Kelahiran Nabi Muhammad SAW. peserta didik kelas III di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan penerapan metode pembelajaran talking stick pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pokok bahasan Sejarah Kelahiran Nabi Muhammad SAW. Peserta didik kelas III di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mendiskripsikan peningkatkan hasil belajar melalui penerapan metode pembelajaran talking stick pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pokok bahasan Sejarah Kelahiran Nabi Muhammad SAW. peserta didik kelas III di MI Pododrejo Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Yang menjadi subyek penelitian adalah peserta didik kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung dengan jumlah 23 peserta didik. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode pembelajaran talking stick pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik kelas III di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung dilaksanakan dengan menggunakan berbagai langkah-langkah atau kegiatan, yaitu: a) Kegiatan awal, meliputi persiapan. b) kegiatan inti, meliputi penyampaian materi dan pemberian pertanyaan melalui pengguliran tongkat. c) Kegiatan akhir, meliputi penyimpulan materi. 2) Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam melalui penerapan metode pembelajaran talking stick terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada tes awal (pre-test) nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 53 meningkat menjadi 71,91 pada siklus 1 kemudian meningkat kembali pada siklus 2 dengan nilai rata-rata 81,47. Begitu juga dengan ketuntasan belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan ditunjukkan persentase ketuntasan belajar 34,78% pada tes awal (pre-test) setelah mendapat perlakuan pada siklus 1 ketuntasan belajar peserta didik meningkat menjadi 60,86% dan pada siklus 2 ketuntasan belajar meningkat kembali menjadi 91,3%. Dari ketuntasan belajar pada siklus 2 menunjukkan adanya ketercapaian indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam materi Sejarah Kelahiran Nabi Muhammad SAW. peserta didik kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817123002 AHMAD HAFID |
Date Deposited: | 22 Feb 2017 08:31 |
Last Modified: | 22 Feb 2017 08:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4846 |
Actions (login required)
View Item |