FADIA HAYYA KURNIA, 126209202069 (2024) PERAN GURU IPS DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI SMPN 1 WLINGI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (941kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (331kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (273kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (292kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (272kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Kurnia, Fadia Hayya. 2024. Peran Guru IPS dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata di SMPN 1 Wlingi Blitar. Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Hendra Pratama, M.Pd. Kata Kunci : Peran Guru IPS, Karakter Peduli Lingkungan, Program Adiwiyata Guru menjadi pengaruh besar dalam menumbuhkan keberhasilan wawasan dan sikap peserta didik. Bimbingan yang telah diberikan oleh guru perlu juga diberikan pada nilai-nilai peduli terhadap lingkungan, karakter peduli lingkungan tidak hanya berasal dari intinsik dan talenta, akan tetapi juga berasal dari pembiasaan dan proses pendidikan peduli terhadap lingkungan. Wujud nyata yang diberikan oleh pemerintah dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan melalui Program Adiwiyata yang berada di sekolah. Adapun fokus penelitian sebagai berikut 1) Bagaimana Peran Guru IPS dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan di SMPN 1 Wlingi ? 2)Bagaimana Hasil Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan pada siswa di SMPN 1 Wlingi ? Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui peran guru ips dalam membentuk karakter peduli lingkungan di SMPN 1 Wlingi 2) mengetahui bentuk karakter peduli lingkungan pada siswa di SMPN 1 Wlingi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus intrinsik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data melalui triangulasi teknik dan konfirmabilitas. Teknik analisis data penelitian ini dengan teknik Miles and Huberman melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini berupa 1) Peran Guru IPS dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan a) Kurikulum yang terintegrasi dengan lingkungan hidup, berupa RPP/Modul Ajar yang terintegrasi dengan materi tentang lingkungan hidup b) Kegiatan yang partisipatif, berupa pembiasaan membersihkan lingkungan setiap pagi, dengan bimbingan guru, dan wawasan melalui kegiatan dari materi pembelajaran. 2) Bentuk Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata di SMPN 1 Wlingi berupa sikap mandiri dan rasa tanggung jawab yang di miliki oleh peserta didik di buktikan dengan banyaknya kegiatan yang mendukung Program Adiwiyata tersebut, seperti kegiatan piket setiap pagi dan sepulang sekolah, jumat bersih, lomba kebersihan kelas, beberapa kegaitan yang terintegrasi dengan materi pembelajaran berupa pembuatan vlog. dan secara general SMPN 1 Wlingi menerapkan peminimalisiran sampah plastik melalui sikap peserta didik dengan membawa bekal atau botol minuman dari rumah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209202069 FADIA HAYYA KURNIA |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 02:25 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 02:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48477 |
Actions (login required)
View Item |