PENGARUH KEWIBAWAAN GURU TERHADAP SIKAP DISIPLIN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMPN 1 KRAS

VIEKE LUDVIANA, 126201201067 (2024) PENGARUH KEWIBAWAAN GURU TERHADAP SIKAP DISIPLIN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMPN 1 KRAS. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (786kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Pengaruh Kewibawaan Guru Terhadap Sikap Disiplin Siswa Dalam Pembelajaran PAI kelas VIII di SMPN 1 Kras" ini ditulis oleh Vieke Ludviana, NIM. 126201201067. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen pembimbing Evy Ramadina, S.Pd.I., M.Pd.I. Kata kunci: Kewibawaan Guru, Sikap Disiplin Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang berkembang pada saat ini yaitu menipisnya sikap disiplin di kalangan generasi pelajar, diantaranya sering terlambat masuk di saat jam pelajaran sudah di mulai, sering keluar di saat pergantian jam pelajaran, menyerahkan tugas tidak tepat waktu, di dalam kelas selalu mengganggu teman, sering berkelahi dan kurang hormat pada guru khusus nya pada pembelajaran PAI di Sekolah. Salah satu upaya yang dilakukan guru dalam membina disiplin siswa tersebut yaitu dengan kewibawaan yang dimiliki guru. Kewibawaan dalam pendidikan memiliki fungsi utama untuk membawa anak didik kearah pertumbuhan yang diinginkan. Tujuan pada penelitan ini yaitu: (1) Mendeskripsikan kewibawaan guru dalam pembelajaran PAI kelas VIII di SMPN 1 Kras. (2) Mendeskripsikan sikap disiplin siswa dalam pembelajaran PAI kelas VIII di SMPN 1 Kras. (3) Mengkaji pengaruh kewibawaan guru terhadap sikap disiplin siswa dalam pembelajaran PAI kelas VIII di SMPN 1 Kras. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 1 Kras. Sampel penelitian ini terdiri dari 1 kelas berjumlah 34 siswa dan ditentukan dengan melakukan uji teknik probability sampling. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu kewibawaan guru dan variabel terikat yaitu sikap disiplin. Sumber data berasal dari responden dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari uji validitas, reliabilitas, uji homogen, uji normalitas dan uji regresi linier sederhana dengan bantuan spss 26.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kewibawaan guru pendidikan agama islam di SMPN 1 Kras berada pada kategori baik dengan persentase rata-rata skor sebesar 76%. Sikap disiplin siswa kelas VIII di SMPN 1 Kras berada pada kategori sangat baik dengan persentase rata-rata skor sebesar 83,35%. Dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa kewibawaan guru pendidikan agama islam di SMPN 1 Kras berada pada kategori baik, sikap disiplin siswa kelas VIII di SMPN 1 Kras berada pada kategori sangat baik dan terdapat pengaruh kewibawaan guru terhadap sikap disiplin siswa dalam pembelajaran PAI kelas VIII di SMPN 1 Kras.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201201067 VIEKE LUDVIANA
Date Deposited: 06 Aug 2024 04:29
Last Modified: 06 Aug 2024 04:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48499

Actions (login required)

View Item View Item