PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG

AFWAN HIZBULLOH, 12205193275 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Penggunaan Gadget dan Bimbingan Orang Tua terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Pada MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Afwan Hizbulloh, NIM 12205193275 Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dosen pembimbng Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Pengunaan Gadget, Bimbingan Orang Tua, Pembentukan Karakter. Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya penurunan karakter yang ada pada tempat penelitian. Sehingga hal tersebut memicu untuk peneliti menggali sebuah permasalahan lebih mendalam, ternyata di temukan beberapa masalah yang di temukan peneliti adalah adanya penggunaan gadget yang dapat membuat kecanduan serta pengawasan orang tua yang di lakukan untuk mengontrol penggunaan gadget tersebut. Serta penggunaan gadget telah di lakukan oleh semua kalangan khususnya anak usia sekolah. Sehingga terindikasi bahwa faktor gadget dan orang tua menjadi suatu unsur penting yang akan mempengaruhi pembentukan karakter Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh gadget terhadap pembentukan karakter peserta didik di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung?.(2) Adakah pengaruh bimbingan orang tua terhadap pembentukan karakter peserta didik di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung?.(3) Adakah pengaruh gadget dan bimbingan orang tua terhadap pembentukan karakter peserta didik di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung?. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh gadget terhadap pembentukan karakter peserta didik di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh bimbingan orang tua terhadap pembentukan karakter peserta didik di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh bimbingan orang tua dan gadget terhadap pembentukan karakter peserta didik di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan jenis korelasi, dengan Design dengan bentuk regresi. Teknik sampel menggunakan Nonprobability Sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling. Sampel yang digunakan adalah 30 peserta didik dengan rincian 5 anak masingmasing dalam setiap kelas IV A, IV B, V A, V B, VI A dan kelas VI B dengan populasi seluruh kelas 4,5 dan 6 peserta didik MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket. Analisis data menggunakan uji t dan F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Gadget berpengaruh terhadap Pembentukan karakter peserta didik MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung dengan di peroleh hasil signifikan 0,031 < 0,05. (2) Bimbingan Orang tua berpengaruh terhadap pembentukan karakter pada peserta didik MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung dengan di peroleh hasil 0,014 < 0,05. (3) Penggunaan Gadget dan Bimbingan Orang tua berpengaruh terhadap pembentukan karakter pada peserta didik MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung dengan di peroleh hasil 0,034 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193275 AFWAN HIZBULLOH
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:33
Last Modified: 15 Jul 2024 08:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48520

Actions (login required)

View Item View Item