استخدام الاستراتيجية الاكتشافية في تعليم مهارة القراءة لدى طلبة الصف العاشر-ك في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الأولى بباليتار سنة 2023/2024 م

LULUK YULIANI, 126202201018 (2024) استخدام الاستراتيجية الاكتشافية في تعليم مهارة القراءة لدى طلبة الصف العاشر-ك في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الأولى بباليتار سنة 2023/2024 م. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (569kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Strategi Inquiry pada Pembelajaran Maharoh Qira'ah kelas X-K Di MAN 1 Blitar" ditulis oleh Luluk Yuliani, NIM 126202201018, Program studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Nuryani, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi inquiri, Pembelajaran, Maharah Qira'ah. Pembelajaran qira'ah memegang peranan penting dan memiliki pengaruh besar pada pembelajaran bahasa. Kemampuan untuk memahami dan menguasai bahasa Arab tentunya tidak terlepas dari strategi dan berbagai metode pembelajarannya, Dalam mengembangkan dan mendalami bahasa Arab, yang perlu dilakukan yaitu mengadakan persiapan pelajaran yang sempurna, menetapkan teori dan menggunakan berbagai strategi pembelajaran bahasa Arab yang efektif dan efisien agar dapat dipahami dengan sebaik-baiknya. MAN 1 Blitar merupakan salah satu Madrasah yang menerapkan strategi dan metode dalam pembelajaran, sehingga MAN 1 Blitar cocok untuk dijadikan tempat penelitian ini. Rumusan Masalah : 1) Bagaimana persiapan pembelajaran maharah qira'ah menggunakan strategi inquiry? 2) Bagaimana proses pembelajaran maharah qira'ah menggunakan strategi inquiry? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran maharah qira'ah menggunakan strategi inquiry? Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di MAN 1 Blitar. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi, penyajian atau pemaparan data, serta penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi. Hasil Penelitian : 1) Dalam persiapan pembelajaran bahasa Arab menggunakan strategi inquiry hal-hal yang perlu disiapkan yaitu: Mempersiapkan materi dan bahan pembelajaran, Mempersiapkan form kerja siswa, Mempersiapkan lembar penilaian proses dan hasil pembelajaran, Menyusun modul ajar. 2) Proses pembelajaran maharah qira'ah dengan menggunakan strategi inquiry terdapat tiga tahap yaitu tahap pendahuluan, tahap inti, dan tahap penutup. Tahap inti terdapat enam Langkah yang harus dilalui yaitu : Orientasi, merumuskan masalah, berdiskusi, mempresentasikan hasil diskusi, dan kesimpulan. 3) evaluasi yang dilakukan dalam pembelajaran maharah qira'ah dengan strategi inquiri terdiri dari dua jenis evaluasi, yaitu evaluasi berupa tes lisan membaca teks dengan jahriyah beserta ditanya pemahaman teks dan tes tulis berupa soal pilihan ganda.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 126202201018 LULUK YULIANI
Date Deposited: 18 Jul 2024 05:51
Last Modified: 18 Jul 2024 05:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48530

Actions (login required)

View Item View Item