ANALISIS KONFLIK BATIN DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL ALSTER LAKE KARYA AURYN VIENTANIA SERTA RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

SEPTINA NURKHOLIFAH, 126210203116 (2024) ANALISIS KONFLIK BATIN DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL ALSTER LAKE KARYA AURYN VIENTANIA SERTA RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (969kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (412kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Nurkholifah, Septina. 2024. Analisis Konflik Batin dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Alster Lake Karya Auryn Vientania serta Relevansinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Program studi Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Bagus Wahyu Setyawan, M.Pd. Kata Kunci: Konflik batin, Pendidikan Karakter, Novel, Relevansi Pembelajaran Bahasa Indonesia Konflik batin merupakan sebuah konflik yang dialami oleh manusia yang terjadi dalam pikiran, kejiwaan dalam individu itu sendiri. Nilai pendidikan karakter merupakan nilai pendidikan karakter adalah nilai yang berguna untuk mendidik seseorang agar terbentuk karakter-karakter individu yang agar menjadi pribadi yang lebih baik dan pendewasaan dalam menyikapi suatu hal. Penelitian ini membahas mengenai analisi konflik batin dan nilai pendidikan karakter serta relevansinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan konflik batin dalam novel Alster Lake karya Auryn Vientania, nilai pendidikan karakter dalam novel Alster Lake karya Auryn Vientania, dan relevansinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif ialah sebuah metode yang mendeskripsikan sebuah data berupa kata-kata. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi teks. Studi teks merupakan proses analisis yang mengkaji suatu bacaan. Sumber data pada penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu sumber data primer novel Alster Lake, wawancara dengan guru, peserta didik, serta data sekunder berupa berupa artikel dan karya ilmiah sebagai sumber referensi. Data penelitian berasal dari novel Alster Lake berupa kutipan-kutipan yang menggambarkan konflik batin dan nilai pendidikan karakter, serta hasil dari wawancara dengan guru dan peserta didik di SMA. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu membaca, mencatat, dan wawancara. Sedangkan analisis data terbagi menjadi tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan 5 data konflik batin mendekat-mendekat (approach-approach), 13 data konflik batin mendekat-menjauh (approach-avoidance conflict), dan 11 data konflik batin mendekat-menjauh (approach-avoidance conflict). Kemudian, data analisis nilai pendidikan karakter memiliki 1 data nilai religius, 3 nilai jujur, 4 nilai kerja keras, 1 nilai kreatif, 1 nilai mandiri, 6 nilai menghargai prestasi, 3 nilai bersahabat atau komunikatif, 2 nilai cinta damai, 5 nilai gemar membaca, 1 nilai peduli lingkungan, dan 14 nilai peduli sosial. Relevansi bentuk konflik batin dan nilai pendidikan karakter dalam novel sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia di SMA kelas XII KD 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210203116 SEPTINA NURKHOLIFAH
Date Deposited: 19 Jul 2024 12:10
Last Modified: 19 Jul 2024 12:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48552

Actions (login required)

View Item View Item