PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PADA PELAJARAN IPA KELAS 4 MI MA’DINUL ULUM CAMPURDARAT

MAERA DWI LESTARI, 126205202110 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PADA PELAJARAN IPA KELAS 4 MI MA’DINUL ULUM CAMPURDARAT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (798kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (142kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (42kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Maera, Dwi. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Pelajaran IPA Kelas 4 MI Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Moh. Arif. M.Pd. Media Pop-up book menjadi salah satu pilihan media pembelajaran yang tepat. Media pop-up book memiliki kelebihan sebagai media pembelajaran diantaranya mampu menyajikan materi lebih menarik, mudah dan sederhana dalam penggunaannya, mampu menyajikan informasi lebih jelas dengan gambar yang timbul. Penggunaan pop-up book sebagai media pembelajaran didukung oleh karakteristik dasar anak-anak yang pada umumnya menyukai gambar-gambar yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui apa itu Media Pembelajaran Pop-Up Book pada materi makhluk hidup kelas 4 SD/MI, (2) Mengetahui Pengembangan Media Pembelajaran pada materi makhluk hidup kelas 4 SD/MI (3) Mengkaji dan mengetahui evaluasi serta perbaikan terhadap kelemahan yang terjadi selama proses pengembangan berdasarkan hasil pengembangan media Pop-Up Book pada materi makhluk hidup kelas 4 SD/MI? Penelitian ini menggunakan pendekatan Model R&D yaitu data yang digunakan pada penelitian pengembangan ini ada dua jenis, yaitu kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil lembar validasi ahli media, ahli materi dan angket uji siswa yang berisi angka-angka yang diperoleh dari skor jawaban uji coba siswa. Sedangkan data kualitatif diperoleh melalui kritikan, tanggapan, dan saran yang disampaikan ahli materi, ahli media dan siswa kelas 4 Madrasah Ibtida’iyah terhadap kualitas visual dan materi pembelajaran pop-up book yang diperoleh dari kolom komentar angket uji validitas para ahli dan angket respon siswa. Pengembangan media pembelajaran pop up book pada pelajaran IPA materi simbiosis pada makhluk hidup menghasilkan produk dengan bentuk buku tiga dimensi yang telah memenuhi komponen dari media pembelajaran yang baik. Media pembelajaran pop up book simbiosis ini telah melalui tiga validasi, yaitu validasi ahli media, validasi ahli bahasa, dan validasi materi pengampu mata pelajaran IPA kelas IV. Hasil validasi ahli media memperoleh nilai persentase sebesar 90% dengan kriteria kelayakan adalah layak atau tidak revisi. Hasil validasi ahli bahasa memperoleh nilai pernsentase sebesar 83% dengan kriteria kelayakan adalah sangat layak atau tidak revisi. Hasil validasi ahli materi guru pengampu mata pelajaran IPA kelas IV memperoleh nilai persentase sebesar 93,33% dengan kriteria kelayakan adalah sangat layak atau tidak revisi. Pada penilaian respon siswa terhadap media pembelajaran pop up book simbiosis pada makhluk hidup sebanyak 25 responden pada kelas skala besar memperoleh nilai persentase 85% dengan kriteria kemenarikan adalah sangat menarik. Pada angket tanggapan siswa terhadap media pembelajaran pop up book simbiosis ini juga terdapat komentar yang sangat baik yaitu bukunya sangat menarik dan bagus. Karena belum pernah dapat buku seperti ini. Adapun yang berkomentar buku pop up ini keren dan materinya mudah untuk dipahami. Maka dapat disimpulkan bahwa respon siswa terhadap media pembelajaran pop up book simbiosis adalah dapat diterima dengan sangatlah baik, dan media pembelajaran pop up book simbiosis layak atau efeltif untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202110 MAERA DWI LESTARI
Date Deposited: 15 Jul 2024 06:34
Last Modified: 15 Jul 2024 06:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48579

Actions (login required)

View Item View Item