PSIKOEDUKASI PERSIAPAN PERKAWINAN PADA MEDIA SOSIAL DALAM PERSPEKTIF TEORI USED AND GRATIFICATION DAN MAQASHID SYARIAH (Studi Pada Akun Instagram Momalula)

MOCH FAJAR PRASETYO, 126102202139 (2024) PSIKOEDUKASI PERSIAPAN PERKAWINAN PADA MEDIA SOSIAL DALAM PERSPEKTIF TEORI USED AND GRATIFICATION DAN MAQASHID SYARIAH (Studi Pada Akun Instagram Momalula). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari maraknya perkawinan dini yang berujung adanya perceraian Dalam masa sekarang yang serba digital, memungkinkan seseorang mengakses suatu hal apapun yang berkaitan dengan edukasi kesiapan perkawinan. Pemanfaatan media sosial seperti Instagram dapat digunakan sebagai alternatif edukasi yang relevan dan bermanfaat Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah akun Instagram momalula yang berisi tentang konten edukatif dan inspiratif. Dengan menggunakan teori Used and Gratification dan maqashid Syariah. Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana psikoedukasi persiapan perkawinan pada akun Instagram momalula? 2) Bagaimana psikoedukasi persiapan perkawinan pada akun Instagram momalula dalam teori used and gratification? 3) Bagaimana psikoedukasi persiapan perkawinan pada akun Instagram momalula dalam maqashid Syariah as-syatibi? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik analisis data kualitatif. Pengecekan keabsahan data dengan cara triangulasi. Pada proses tahap akhir data disajikan secara teratur oleh peneliti dan juga terstruktur mengenai penelitian. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah; 1) Psikoedukasi di akun Instagram Momalula dikemas dalam format yang menarik dan mudah dipahami, seperti video pendek, infografis, dan artikel. Hal ini membuat mudah untuk menyimak dan menyerap informasi yang disampaikan. Momalula aktif berinteraksi dengan para pengikutnya melalui sesi live streaming, tanya jawab, dan komentar. Interaksi ini memungkinkan para remaja untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam dan terarah sesuai dengan kebutuhan mereka. 2) Penggunaan akun instagram Momalula menunjukkan bahwa Teori Used and Gratification dapat menjelaskan bagaimana individu memanfaatkan media untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Akun instagram Momalula membantu mendapatkan pengetahuan tentang proses menjadi dewasa, memahami pengalaman perempuan dalam pernikahan, memperoleh kepuasan dari materi persiapan perkawinan, dan mengikuti kajian tentang kehidupan pernikahan. 3) konten psikoedukasi akun Instagram momalula mengajarkan para calon pengantin untuk memiliki tujuan sebelum menikah. Dengan menghubungkan psikoedukasi persiapan perkawinan dengan maqashid Syariah imam as-syatibi, kita dapat memahami makna persiapan perkawinan yang lebih dalam dan memiliki tujuan dalam menikah agar mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk menjalani kehidupan pernikahan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Islam
Hukum > Hukum Keluarga Islam
Media Sosial
Psikologi
Psikologi > Psikologi kepribadian
Psikologi > Psikologi sosial
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 126102202139 MOCH FAJAR PRASETYO
Date Deposited: 20 Jul 2024 12:34
Last Modified: 20 Jul 2024 12:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48601

Actions (login required)

View Item View Item