STRATEGI GURU AL-QUR'AN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI DARUL FURQAN SUGAIKOLOK NARATHIWAT THAILAND

NURUPATTIHA CHE-AMA, 126201205359 (2024) STRATEGI GURU AL-QUR'AN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI DARUL FURQAN SUGAIKOLOK NARATHIWAT THAILAND. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (232kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Al-Qur’an Hadits dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik di Darul Furqan Sugaikolok Narathiwat Thailand” ini ditulis oleh Nurupattiha Che-ama, NIM. 126201205359, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Ahmad Nasir, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi, Al-Qur’an, Kesulitan Penelitian ini membahas tentang membaca Al-Qur'an yang bertujuan untuk memahami hukum yang terkandung didalamnya. Tetapi juga menjalin hubungan rohani dengan Allah melalui ayat-ayat yang dibaca. Mengingat pentingnya mempelajari Al-Qur’an, maka pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an sudah seharusnya diajarkan kepada setiap peserta didik muslim di semua jenjang pendidikan, baik di pendidikan formal maupun non formal seperti pondok pesantren. Bahkan di pondok pesantren pembelajaran Al-Qur’an merupakan pelajaran wajib yang harus diikut santri, terutama bagi santri yang baru masuk pondok pesantren. Pada santri kelas VII di pondok pesantren Darul Furqon dalam pembelajaran BTQ diajarkan membaca dan menulis huruf hijaiyah masih banyak santri yang kesulitan membaca Al-Qur’an atau menulis ayat-ayat Al-Qur’an. Oleh karena itu baca tulis Al-Qur’an merupakan bagian pelajaran yang diajarkan kepada santri dalam bentuk penyajian materi dan praktik baca tulis dengan menggunakan kitab sesuai dengan kaidah makharijul huruf agar pengucapan huruf secara fasih. Tujuan penelitian ini yaitu, 1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran baca tulis Al-qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Darul Furqan Sungai Kolok, Narathiwat, Thailand. 2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Darul Furqan Sungai Kolok, Narathiwat, Thailand. 3) mendeskripsikan evaluasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Darul Furqan Sungai Kolok, Narathiwat, Thailand. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua teknik menganalisis data yaitu reduksi data dan sajian data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Darul Furqan Sugaikolok Narathiwat Thailand yaitu menggunakan buku Iqro’ yang terdapat banyak contoh potongan ayat Al-Qur’an yang sesuai dengan pokok bahasan. 2) Proses Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis di Darul Furqan Sugaikolok Narathiwat Thailand yaitu dengan menggunakan buku Iqro’, poster tah tahsinul qur’an atau poster tajwid untuk mengenalkan kepada siswa mengenai hukum-hukum bacaan Al-Qur’an dan cara pengucapannya dengan benar. Selain itu, guru juga mengenalkan Al-Baghdadi untuk melatih siswa mengajar huruf hijaiyah dengan baik dan benar. 3) Evaluasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis di Darul Furqan Sugaikolok Narathiwat Thailand yaitu dengan terus melakukan pengembangan pembelajaran oleh setiap tenaga pendidikan agar para peserta didik dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201205359 NURUPATTIHA CHE-AMA
Date Deposited: 30 Jul 2024 04:11
Last Modified: 30 Jul 2024 04:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48699

Actions (login required)

View Item View Item