PENGEMBANGAN BOOKLET SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA BAGI KELAS VIII DI MTSN 8 TULUNGAGUNG

SITI ANISAH SHOFIATIN, 126208202077 (2024) PENGEMBANGAN BOOKLET SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA BAGI KELAS VIII DI MTSN 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (904kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (237kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Pengembangan sumber belajar booklet materi sistem pernapasan manusia dilatar belakangi oleh MTsN 8 Tulungagung menggunakan LKS sebagai sumber belajar utama dalam proses pembelajaran. LKS yang digunakan memuat materi yang terbatas namun banyak latihan soal, kemudian kurang mendukungnya gambar-gambar atau ilustrasi yang menunjang pemahaman siswa apalagi LKS tersebut menggunakan kertas buram dan gambar ilustrasi hitam putih sehingga kurang menarik. Perpustakaan menyediakan buku paket namun dengan versi lama sehingga perlu diadakan pembaruan-pembaruan, pembagian bab pada buku paket tersebut juga sudah berbeda dengan pembagian bab pada saat ini. Sehingga peserta didik memerlukan sumber belajar lain sebagai pelengkap dan penunjang pemahaman siswa, terutama pada materi sistem pernapasan manusia. Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mendeskripsikan tahapan pengembangan sumber belajar booklet materi sistem pernapasan manusia kelas VIII di MTsN 8 Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan tingkat validitas pengembangan sumber belajar booklet materi sistem pernapasan manusia kelas VIII di MTsN 8 Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan keterbacaan sumber belajar booklet materi sistem pernapasan manusia kelas VIII di MTsN 8 Tulungagung. (4) Untuk mendeskripsikan keefektifan hasil kelulusan belajar setelah menggunakan sumber belajar booklet materi sistem pernapasan manusia kelas VIII di MTsN 8 Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluate). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di MTsN 8 Tulungagung Desa Sumberdadap Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa timur. Sampel penelitian menggunakan 2 kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Uji coba kelas kontrol dilakukan di kelas VIII A dan uji coba kelas eksperimen dilakukan di kelas VIII B. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu menggunakan desain Quasi Eksperimental dengan bentuk rancangan Non Equivalent Control Group Design, kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan analisis statistik uji t. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji N-Gain, dan uji independent simple T-test. xvi Hasil penelitian diperoleh (1) Sumber belajar booklet materi sistem pernapasan manusia yang dikembangkan di MTsN 8 Tulungagung menggunakan model ADDIE dengan menggunakan aplikasi Canva yang dicetak dengan ukuran A5 menggunakan kertas Art Paper pada bagian sampul depan dan belakang, sedangkan isi booklet menggunakan kertas buffalo yang dijilid dan distaples. (2) Kevalidan sumber belajar booklet di validasi oleh para ahli yaitu ahli materi, ahli media, ahli tes dan pendidik. Hasil validasi ahli materi memperoleh persentase 96% dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi ahli media memperoleh persentase 87% dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi ahli tes memperoleh persentase 93% dengan krtieria sangat valid. Hasil validasi pendidik memperoleh persentase 97% dengan kriteria sangat valid. Rata-rata hasil uji validitas dari ahli materi, media, dan pendidik adalah 93%. (3) Keterbacaan sumber belajar booklet memperoleh 95% dari 15 peserta didik dengan kriteria sangat baik. Respon peserta didik sangat baik seperti warna booklet memberikan kesan yang menarik, didukung dengan gambar yang jelas dan berwarna sehingga pembaca ingin mempelajari materinya, kemudian ukuran booklet yang minimalis sehingga mudah dibawa kemana-mana dan bahasa yang digunakan sangat mudah dipahami. (4) Keefektifan belajar setelah menggunakan sumber belajar booklet materi sistem pernapasan manusia adalah terbukti adanya pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini berdasarkan hasil uji Independent T-Test dengan nilai sig (2- tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Anatomi
Buku
Biologi > Manusia
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208202077 SITI ANISAH SHOFIATIN
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:51
Last Modified: 18 Jul 2024 02:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48732

Actions (login required)

View Item View Item