PENGARUH PEMETAAN ZONA PENDIDIKAN TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS 7 SMP NEGERI 1 NGADILUWIH KEDIRI

HUMAIDA MAULINA ANJANI, 126209201033 (2024) PENGARUH PEMETAAN ZONA PENDIDIKAN TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS 7 SMP NEGERI 1 NGADILUWIH KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (695kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Pemetaan Zona Pendidikan terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Kelas 7 SMP Negeri 1 Ngadiluwih Kediri” oleh Humaida Maulina Anjani, NIM 126209201033, pembimbing Yudi Krisno Wicaksono, M.IP., NIP. 199104252019031021. Kata Kunci: pemetaan zona pendidikan, motivasi belajar, karakter disiplin Latar belakang penelitian ini mengenai permasalahan pemetaan zona pendidikan yang dapat mempengaruhi motivasi belajar dan karakter disiplin peserta didik. Berdasarkan kondisi tersebut penerimaan peserta didik baru tidak didasarkan dari kemampuan akademiknya atau berdasarkan jarak rumah dengan sekolah yang dituju. Penelitian yang berlangsung di SMP Negeri 1 Ngadiluwih juga mengalami hal demikian, sehingga berpengaruh pada kelangsungan proses belajar mengajar terutama pada motivasi belajar dan karakter disiplinnya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengaruh pemetaan zona pendidikan terhadap motivasi belajar peserta didik, bagaimana pengaruh pemetaan zona pendidikan terhadap karakter disiplin peserta didik, bagaimana hubungan pemetaan zona pendidikan terhadap peningkatan motivasi belajar dan pembentukan karakter disiplin. Berdasarkan rumusan masalah tersebut penulis bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemetaan zona pendidikan terhadap motivasi belajar, untuk mengetahui pengaruh pemetaan zona pendidikan terhadap karakter disiplin, dan untuk mengetahui hubungan pemetaan zona pendidikan terhadap motivasi belajar dan karakter disiplin. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelatif. Objek penelitian adalah peserta didik kelas 7 SMP Negeri 1 Ngadiluwih tahun ajaran 2023/2024, dengan total populasi 390 dan sampel 59 peserta didik. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket, dengan teknik analisis data melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi sederhana, analisis korelasi sederhana, analisis koefisien determinasi, dan uji signifikansi. Hasil penelitian menunjukkan: terdapat pengaruh pemetaan zona pendidikan terhadap motivasi belajar, hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data uji T atau uji signifikansi berdasarkan t-tabel dengan nilai 15,080>2,00247 atau 0,000<0,05 dan terdapat pengaruh pemetaan zona pendidikan terhadap karakter disiplin, hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data uji T atau uji signifikansi berdasarkan t-tabel dengan nilai 8,401>2,00247 atau 0,000<0,005. Hubungan pemetaan zona pendidikan terhadap kedua variabel penelitian secara parsial adalah positif, dengan nilai pada variabel motivasi belajar 0,894 dan variabel karakter disiplin 0,744.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209201033 HUMAIDA MAULINA ANJANI
Date Deposited: 20 Jul 2024 08:32
Last Modified: 20 Jul 2024 08:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48761

Actions (login required)

View Item View Item