NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SEPATU BOLA NGATEMIN KARYA DJOKOLELONO DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS XII SMA

PUTRIANI KHOIRUNNISA', 126210202091 (2024) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SEPATU BOLA NGATEMIN KARYA DJOKOLELONO DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS XII SMA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (519kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (207kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Sepatu Bola Ngatemin Karya Djokolelono dan Implementasinya sebagai Alternatif Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XII SMA” yang ditulis oleh Putriani Khoirunnisa’, NIM 126210202091, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Muyassaroh, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Novel, Pembelajaran Sastra Kurikulum 2013 diberlakukan untuk menyempurnakan kurikulum-kurikulum sebelumnya. Sebagai terjemahan dari tujuan pendidikan nasional, Kurikulum 2013 bertujuan untuk menciptakan manusia Indonesia yang memiliki jiwa religius, produktif dalam segala hal, kreatif, inovatif, dan mampu berkontribusi dalam arus kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam berbagai era. Di sisi lain semakin maju pesatnya teknologi dan mudahnya akses informasi membawa dampak positif sekaligus negatif yang menyebabkan kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang terjadi. Banyak kasus yang telah terjadi di kalangan peserta didik, seperti tawuran antar pelajar, kekerasan seksual, kegiatan menyontek, mencuri, tidak sopan, dan masih banyak lagi. Melihat dari fenomena di atas, apabila tidak segera diatasi dengan memperkuat pendidikan karakter, tidak menutup kemungkinan bahwa bangsa Indonesia akan kehilangan identitasnya. Salah satu mata pelajaran yang bertanggung jawab mengemban tugas dalam penanaman nilai pendidikan karakter pada peserta didik adalah bahasa Indonesia. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia peserta didik akan diajak untuk mengapresiasi karya sastra, salah satunya ialah pada materi pokok teks novel. Dalam upaya menafsirkan pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel dapat dilihat melalui nilai-nilai kehidupan yang terkandung di dalamnya. Nilai-nilai tersebut diharapkan dapat menjadi pelajaran bagi para peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) wujud nilai pendidikan karakter dalam novel Sepatu Bola Ngatemin karya Djokolelono dan (2) Implementasi novel Sepatu Bola Ngatemin karya Djokolelono sebagai alternatif bahan ajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XII SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan dipadukan dengan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya studi dokumen dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dokumentasi dan wawancara. Teknik dokumentasi digunakan untuk menemukan data di dalam novel Sepatu Bola Ngatemin karya Djokolelono, sedangkan wawancara digunakan untuk memastikan bahwa novel Sepatu Bola Ngatemin dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XII SMA. Analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasilnya menunjukkan bahwa (1) ditemukan tiga belas butir nilai pendidikan karakter di dalam novel Sepatu Bola Ngatemin karya Djokolelono, di antaranya religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab, (2) novel Sepatu Bola Ngatemin karya Djokolelono dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XII SMA karena memuat kegiatan apresiasi sastra dan sesuai dengan kriteria bahan ajar yang baik, yakni sesuai dengan tujuan pembelajaran dan bahasa yang digunakan mudah dipahami.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Novel
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210202091 PUTRIANI KHOIRUNNISA'
Date Deposited: 19 Jul 2024 11:51
Last Modified: 19 Jul 2024 11:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48768

Actions (login required)

View Item View Item