UMI KHOIRIYAH, 126204202133 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN DESMOS GRAPHING CALCULATOR TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI FUNGSI KUADRAT KELAS IX MTsN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (516kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (266kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (188kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Desmos Graphing Calculator terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Fungsi Kuadrat Kelas IX MTsN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Umi Khoiriyah, NIM. 126204202133, Pembimbing Musrikah, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: desmos graphing calculator; kemampuan representasi matematis; hasil belajar Latar belakang penelitian ini adalah masih sedikit guru yang menggunakan media pembelajaran khususnya media berbasis android dalam proses pembelajaran matematika. Sebagian besar guru di sekolah hanya menggunakan media konvensional dan mengandalkan metode ceramah dalam penyampaian materi sehingga kemampuan representasi matematis dan hasil belajar peserta didik kurang maksimal. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran yang dapat memvisualisasikan materi matematika sehingga mudah dipahami. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan Desmos Graphing Calculator terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik pada materi fungsi kuadrat kelas IX MTsN 1 Trenggalek, (2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan Desmos Graphing Calculator terhadap hasil belajar peserta didik pada materi fungsi kuadrat kelas IX MTsN 1 Trenggalek, (3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan Desmos Graphing Calculator terhadap kemampuan representasi matematis dan hasil belajar peserta didik pada materi fungsi kuadrat kelas IX MTsN 1 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IX MTsN 1 Trenggalek. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX-C dan IX-D. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Independent Sample T-test dan Uji MANOVA. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian: (1) Ada pengaruh penggunaan desmos graphing calculator terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik pada materi fungsi kuadrat kelas IX MTsN 1 Trenggalek yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,029 < 0,05, (2) Ada pengaruh penggunaan desmos graphing calculator terhadap hasil belajar peserta didik pada materi fungsi kuadrat kelas IX MTsN 1 Trenggalek yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,031 < 0,05, (3) Ada pengaruh penggunaan desmos graphing calculator terhadap kemampuan representasi matematis dan hasil belajar peserta didik pada materi fungsi kuadrat kelas IX MTsN 1 Trenggalek yang dibuktikan dengan nilai signifikansi Pillai's trace, Wilks' lambda, Hotelling's trace, dan Roy's largest root sebesar 0,018 < 0,05
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Masalah Matermatika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204202133 UMI KHOIRIYAH |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 06:26 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 06:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48819 |
Actions (login required)
View Item |