PERAN KOMUNIKASI DALAM MEMBANGUN MINAT MILENIALIS UNTUK MENGIKUTI NGAJI RUTINAN (Studi Atas Dakwah Gus Iqdam Dalam Majelis Sabilu Taubah)

KARTIKA LIANA PUTRI, 126304202086 (2024) PERAN KOMUNIKASI DALAM MEMBANGUN MINAT MILENIALIS UNTUK MENGIKUTI NGAJI RUTINAN (Studi Atas Dakwah Gus Iqdam Dalam Majelis Sabilu Taubah). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (492kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (218kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (860kB)

Abstract

Kartika Liana Putri, NIM. 126304202086. Peran Komunikasi Dakwah Gus Iqdam Dalam Membangun Minat Anak Muda Untuk Mengikuti Ngaji Rutinan (Studi Atas Dakwah Gus Iqdam Dalam Majelis Sabilu Taubah)”. Progam Studi: Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing: Dr. Mutrofin, M.Fil.I Kata Kunci: Peran, Komunikasi, Dakwah, Anak Muda Proses komunikasi tidak lepas dari kegiatan manusia dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dalam kegiatan dakwah. Komunikasi mempunyai hubungan yang erat dengan dakwah. Seiring berkembangnya zaman, dakwah kini menjadi hal yang banyak diminati oleh kaum milenial, mengingat metode dan cara penyampaian dakwah yang digunakan oleh para pendakwah sangatlah beragam. Salah satu pendakwah yang banyak disukai oleh semua kalangan terutama anak muda adalah Gus Iqdam. Komunikasi dakwah yang dilakukan Gus Iqdam menjadi semangat anak muda untuk mengaji rutin kembali seminggu dua kali, bahkan ditengah zaman yang telah banyak mengalami perubahan terlebih pada kebiasaan manusia sehari-harinya. Penelitian ini akan meneliti bagaimana peran komunikasi dakwah Gus Iqdam dalam membangun minat anak muda untuk mengikuti ngaji rutinan dalam Majelis Sabilu Taubah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini, teori yang digunakan adalah teori komunikasi massa jarum suntik. Penelitian ini dilakukan di Markas Pusat Sabilu Taubah yang berada di Pondok Pesantren Mambaul Hikam II, Karanggayam, Srengat, Blitar. Informan atau partisipan yang menjadi sasaran penelitian adalah anak muda yang rutin mengikuti ngaji rutinan di Majelis Sabilu Taubah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Instrumen penelitian meliputi, peneliti itu sendiri, informan, pedoman observasi, pedoman wawancara (pertanyaan terstruktur), ponsel, dan alat tulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Peran komunikasi dakwah Gus Iqdam dalam membangun minat anak muda untuk mengikuti ngaji rutinan ini dapat dilihat dari beberapa faktor antara lain ketertarikan anak muda terhadap strategi komunikasi dakwah Gus Iqdam, faktor psikologis, pengaruh media sosial, religiusitas serta perubahan perilaku dan kebiasaan pada anak muda. Penelitian ini diharapkan bisa menjadi sumber pengetahuan baik untuk peneliti ataupun pembaca dalam memahami tentang komunikasi dakwah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 126304202086 KARTIKA LIANA PUTRI
Date Deposited: 20 Jul 2024 12:15
Last Modified: 20 Jul 2024 12:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48823

Actions (login required)

View Item View Item