ARWI ABIDIN, 126209202058 (2024) ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM MENDUKUNG PROSES BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA SMP NEGERI 1 DONGKO TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK .pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (3MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Abidin, Arwi. 2024. Analisis Penggunaan Teknologi Artificial Intelligence dalam Mendukung Proses Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa SMP Negeri 1 Dongko Trenggalek. Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Nur Isroatul Khusna, M.Pd., NIP. 198703262019032018 Kata Kunci: Teknologi Artificial Intelligence, Proses Belajar, IPS Maraknya fenomena penggunaan teknologi AI telah menjamur dalam aspek pendidikan sejak awal tahun 2023. Fenomena ini berkembang secara masif pada mahasiswa perguruan tinggi. Implementasi teknologi ini juga tidak hanya sebatas pada perguruan tinggi namun juga di SMPN 1 Dongko. Penggunaan teknologi AI dapat membantu guru dan siswa untuk mendukung proses pembelajaran. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimanakah penggunaan teknologi AI dalam mendukung proses belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa SMP Negeri 1 Dongko Trenggalek Tahun ajaran 2023/2024, 2) Bagaimanakah dampak penggunaan teknologi AI terhadap hasil belajar siswa, 3) Bagaimanakah analisis penggunaan teknologi AI terhadap proses belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui bagaimana penggunaan teknologi AI dalam mendukung proses belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa SMP Negeri 1 Dongko Trenggalek Tahun ajaran 2023/2024, 2) Untuk mengetahui dampak penggunaan teknologi AI terhadap hasil belajar siswa, 3) Untuk mengetahui analisis penggunaan teknologi AI terhadap proses belajar siswa. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang objek yang akan diteliti. Wawancara digunakan untuk mengetahui atau menemukan permasalahan secara mendalam terkait dengan penggunaan teknologi AI dalam mendukung proses belajar IPS siswa SMPN 1 Dongko Trenggalek. Dokumentasi digunakan untuk mencari data dari berbagai sumber seperti catatan, buku, surat kabar dan foto-foto kegiatan yang bertujuan untuk melengkapi data hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penggunaan teknologi AI telah membantu guru dalam perencaan pembelajaran, pelaksanaan dan evaluasi otomatis. Pengintegrasian juga dilakukan oleh siswa meski intensitasnya rendah. Teknologi berbasis AI yang paling sering digunakan oleh siswa SMPN 1 Dongko adalah google search dan google lensa yg digunakan untuk efektivitas dan efisiensi pembelajaran IPS. 2) Penggunaan teknologi AI juga menimbulkan dampak positif terhadap hasil belajar siswa, akses yang cepat dan luas membuat pemahaman siswa meningkat. Selain itu AI membuat siswa dapat belajar mandiri, berpikir kritis dan logis. 3) Penggunaan AI memiliki aspek kekuatan seperti personalisasi pembelajaran, kemudahan, kemampuan riset dan berpikir meningkat. Aspek kelemahan meliputi keterbatasan perangkat dan jaringan, potensi informasi yang salah dan ketiadaan referensi. AI memberi peluang otomatisasi pekerjaan, meningkatkan keterampilan, akses terhadap sumber daya global. Ancaman yang dimunculkan AI salah satunya yaitu privasi data dan ketergantungan penyebab kecurangan. Strategi SO, WO, ST dan WT penting bagi SMPN 1 Dongko untuk membuat perencanaan dalam mendukung pembelajaran siswa menjadi lebih efektif dan efisien berbasis teknologi AI.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209202058 ARWI ABIDIN |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 04:44 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 04:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48841 |
Actions (login required)
View Item |