MUCHAMMAD BAHRUDIN, 1880501220002 (2024) MANAJEMEN SISTEM INFORMASI DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN (Studi Multisitus di MTs. Ma’arif Bakung Udanawu dann SMP Mambaus Sholihin Sumber Sanankulon Kabupaten Blitar). [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (43kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (217kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (783kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (669kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Muchammad Bahrudin, 1880501220002, 2024. Manajemen Sistem Informasi dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan (Studi Multisitus di MTs. Ma’arif Bakung Udanawu dann SMP Mambaus Sholihin Sumber Sanankulon Kabupaten Blitar) Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. Pembimbing II :Prof. Dr. H. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Manajemen, Sistem Informasi, dan Kepuasan Pelanggan Pengaruh cepatnya perubahan globalisasi di era digitalisasi 5.0 membuat informasi cepat berubah dari waktu ke waktu terutama didunia Pendidikan. Sistem informasi semakin dibutuhkan oleh lembaga pendidikan, khususnya dalam meningkatkan kelancaran aliran informasi dan layanan dalam lembaga Pendidikan. Lembaga pendidikan dikatakan berhasil apabila mampu memenuhi semua kebutuhan pelanggan. Sistem Informasi Manajemen sebagai kebutuhan dari perubahan perkembangan dunia yang begitu cepat dan harus diantisipasi untuk kemudahan dan mempercepat akses. Berangkat dari uraian diatas maka fokus penelitian ini meliputi bagaimana perencanaan, penerapan, evaluasi dan hasil manajemen sistem informasi dalam meningkatkan pelanggan di MTs. Ma’arif Bakung Udanawu dan SMP Mambaus Sholihin Sumbersanankulon Kabupaten Blitar. Metode penelitian ini yaitu kualitatif, jenis penelitian deskriptif dengan model rancangan multi situs, teknik pengumpulan data observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data model Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas yang meliputi (Uji Credibility, Uji Transferability, Uji Dependability, dan Uji Confirmability. Hasil penelitian dalam tesis ini adalah (1) Perencanaan (Plan). kedua Lembaga melakukan perencanaan mulai dari identifikasi masalah dan kebutuhan dalam perencanaan Sasaran Goal/Tujuan dan Proses yang dibutuhkan. (2) Pelaksanaan (Do). Pada tahap pelaksanaan Lembaga telah melakukan penerapan mulai dari mengumumkan penerapan, menyiapkan Sumber Daya Perangkat, analisis terhadap sistem informasi lama sebagai dasar keputusan, Menyiapkan Database, Ceking error, Sosialisasi penerapan, Sistem diterapkan. Dalam mengembangkan sistem informasi lembaga memakai metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan pendekatan Joint Application Development (JAD). (3) Evaluasi (Check) evaluasi secara meneyluruh mulai dari perangkat keras/lunak, aplikasi Sistem, Sumber daya manusia, kebermanfaatan sistem, dan analisis biaya. Hasil evaluasi ditindaklanjuti (Act) dengan melakukan pengambilan Keputusan perbaikan/ menciptakan sistem baru. Disediakan layanan manual bagi pelanggan yang belum mengusai teknologi informasi. (4) Hasil, Manajemen Sistem Informasi berdampak positif pada kepuasan pelanggan dengan indikator adanya Nilai, Lembaga berdaya saing tinggi dibidang sistem informasi, persepsi pelanggan bahwa Lembaga bagus, berkualitas, teknologinya maju, momen pelayanan cepat dan akurat, dan sesuai dengan kepentingan serta harapan pelanggan.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 1880501220002 MUCHAMMAD BAHRUDIN |
Date Deposited: | 20 Jul 2024 12:54 |
Last Modified: | 20 Jul 2024 12:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48846 |
Actions (login required)
View Item |