PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TIPE SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DI MAN 2 KOTA KEDIRI

INEZ NOOR APSARINI, 126204201060 (2024) PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TIPE SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DI MAN 2 KOTA KEDIRI. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (655kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (253kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tipe Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) di MAN 2 Kota Kediri” ini ditulis oleh Inez Noor Apsarini, NIM. 126204201060, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Nur Cholis, S.Pd., M.Pd.I. Kata Kunci : Kecemasan Matematika, Hasil Belajar, Soal HOTS Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran pada abad ke 21 sebagai jawaban untuk permasalahan yang timbul dibidang pendidikan pada era kemajuan Imu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Pada pembelajaran abad ke 21 dapat diartikan sebagai suatu proses kegiatan belajar mengajar dimana siswa dituntut untuk memiliki kecakapan berpikir tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS). Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang cocok dengan tipe soal HOTS karena sifatnya yang abstrak, banyak angka dan penuh dengan rumus. Namun dikalangan masyarakat umum khususnya para pelajar yang masih mengenyam pendidikan di sekolah, matematika memiliki asumsi yang negatif sehingga menjadi momok bagi mereka. Terlebih lagi kolaborasi antara tipe soal HOTS yang menuntut siswa untuk berpikir tingkat tinggi dan matematika sebagai mata pelajaran tersulit tidak jarang membuat sebagian besar siswa menjadi memiliki perasaan cemas, takut, khawatir, gelisah, serta sulit berkonsentrasi yang akan akan mengakibatkan dirinya cenderung menghindari situasi tersebut. Serangkaian perasaan tersebut mengindikasikan bahwa siswa tersebut mengalami kecemasan matematika, sehingga kecemasan matematika dapat mempengaruhi hasil belajar mereka khususnya pada tipe soal HOTS. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar siswa pada tipe soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) di MAN 2 Kota Kediri, (2) untuk mengetahui besar pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar siswa pada tipe soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) di MAN 2 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan simple random sampling. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik jurusan IPA di MAN 2 Kota Kediri, sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA 4 sejumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan test. Dan Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Ada pengaruh kecemasan matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tipe Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) di MAN 2 Kota Kediri, (2) Besar pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar siswa pada tipe soal HOTS di MAN 2 Kota Kediri adalah 60% sedangkan 40% sisanya dipengaruhi oleh variable lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Geometri
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Kurikulum
Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204201060 INEZ NOOR APSARINI
Date Deposited: 23 Jul 2024 02:38
Last Modified: 23 Jul 2024 02:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48879

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item