DAI MODERNIS BERBASIS MULTIKULTURAL: STUDI PENYAMPAIAN DAKWAH USTAZ AGAM MELALUI TIKTOK

AZKIYAH LUQBAH SALSABILAH, 126311201005 (2024) DAI MODERNIS BERBASIS MULTIKULTURAL: STUDI PENYAMPAIAN DAKWAH USTAZ AGAM MELALUI TIKTOK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (815kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Azkiyah Luqbah Salsabilah. (2024). Dai Modernis Berbasis Multikultural: Studi Penyampaian Dakwah Ustaz Agam Melalui TikTok. Program Studi: Manajemen Dakwah, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing: Dr. Mutrofin, M.Fil.I. Kata kunci: Strategi Dakwah, Remaja Millenial, TikTok Penelitian ini mengkaji tentang strategi dakwah ustaz agam melalui TikTok serta peran dakwah ustaz agam dalam membentuk akhlak mad’u remaja millenial melalui TikTok. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif, melalui pendeketan fenomenologi. Adapun pengumpulan data penelitian ini terdiri dari analisis teks dan juga komentar-komentar netizen melalui akun TikTok ustaz agam. Instrumen penelitian ini adalah peneliti itu sendiri, dengan dibantu instrumen tambahan handphone, dan laptop. Sumber primer dalam penelitian ini yaitu akun TikTok ustaz agam, kemudian youtube yang mengaploud tentang video ustaz agam, instagram ustaz agam, dan pemerhati ustaz agam. Sedangkan sumber sekunder yang berkaitan dengan tulisan-tulisan yang membantu menyelesaikan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan ialah teori Miles dan Hubberman, yang mencakup: reduksi data, penyajiaan data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa strategi ustaz agam dalam dakwah di akun TikToknya kepada remaja millenial dengan basik yang sama yaitu al-Qur’an dan sunnah, tetapi caranya yang berbeda yaitu dengan cara merubah penampilan ustaz agam, narasi yang dipakai hal-hal yang kekinian, dan lebih memakai bahasa yang bisa dibilang bahasa kaumnya. Sejak adanya strategi yang digunakan maka ustaz agam sendiri mengganti cara bepakaiannya dan bahasanya untuk menarik para mad’u. Faktor pendukungnya sangat efektif dan efisien, karena dapat dilihat dan digunakan dimana saja dan kapan saja. Dan juga berdakwah dengan melalui media TikTok dapat memudahkan dalam menyampaikan dakwahnya. Apalagi sasaranya remaja millenial yang sebagian waktunya dihabiskan di media sosial, selain menyampaikan dakwahnya melalui video ustaz agam juga kerap diskusi dan juga tanya jawab melalui Q&A. Dengan strategi yang dilakukan ustaz agam dengan tujuan agar dakwah yang disampaikan berhasil dan berpengaruh kepada orang yang mendengarkannya. Ada salah satu konten yang menarik yaitu “Ajak Generasi Mudah Untuk Hijrah” konten tersebut banyak peminatnya terutama remaja millenial. Respon remaja millenial dalam kontennya cenderung positif karena menyampaikan dakwahnya simple dan juga mudah untuk dipahami. Ustaz agam ini bisa disebut dengan dai modernis karena ia memanfaatkan media sosial sebagai dakwahnya di era modern ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: 126311201005 AZKIYAH LUQBAH SALSABILAH
Date Deposited: 23 Jul 2024 03:01
Last Modified: 23 Jul 2024 03:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48884

Actions (login required)

View Item View Item