TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN DAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK KERJA LAPANGAN TANPA ALAT PELINDUNG DIRI (Studi Kasus di “R.A.P Reklame Advertising” Panggungrejo Tulungagung)

MIFTAKHUL ANWAR, C (2024) TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN DAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK KERJA LAPANGAN TANPA ALAT PELINDUNG DIRI (Studi Kasus di “R.A.P Reklame Advertising” Panggungrejo Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (23kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (459kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Miftakhul Anwar, 12101193042, Tinjauan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Hukum Islam Terhadap Praktik Kerja Lapangan Tanpa Alat Pelindung Diri (Studi Kasus di “R.A.P Reklame Advertising” Panggungrejo Tulungagung), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, 2023, Pembimbing: Dr. Zulfatun Ni’mah, S.H.I., M.Hum. Kata Kunci: Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003, Hukum Islam, Kerja Lapangan, Alat Pelindung Diri Dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, mengatur bahwa setiap perusahaan berkewajiban memberikan alat penunjang keselamatan kerja bagi semua pekerja lapangannya berupa Alat Pelindung Diri (APD) yang diperlukan, namun di R.A.P Reklame Advertising kewajiban mereka terkait pemenuhan Alat Pelindung Diri (APD) bagi para pekerja belum diberikan dan dijalankan sepenuhnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana praktik kerja lapangan yang diterapkan di R.A.P Reklame Advertising?; 2) Bagaimana praktik kerja lapangan di R.A.P Reklame Advertising ditinjau dari Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan?; 3) Bagaimana praktik kerja lapangan di R.A.P Reklame Advertising ditinjau dari hukum Islam?; Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif serta penelitian hukum empiris. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi pada praktik kerja lapangan para pekerja, wawancara dengan pemilik usaha dan dua orang pekerja, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan kondensi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Praktik kerja lapangan di R.A.P Reklame Advertising yang terdiri dari proses pemotongan besi, pengelasan, dan pemasangan yang dilakukan oleh para pekerja dengan menggunakan pakaian sehari-hari tanpa menggunakan Alat Pelindung Diri (APD); 2) Praktik kerja lapangan yang telah dilakukan di R.A.P Reklame Advertising belum sesuai dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, dalam pasal 86 berisi tentang penunjang keselamatan. Dalam hal ini para pekerja lapangan tidak menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) dan dapat beresiko mengalami kecelakaan kerja; 3) Praktik kerja lapangan di R.A.P Reklame Advertising tidak sesuai dengan ketentuan hukum Islam tentang wajibnya menjaga keselamatan, yakni hifdz nafs menjaga jiwa karena tidak digunakannya Alat Pelindung Diri (APD) menjadikan para pekerja berada dalam resiko kecelakaan kerja yang mengancam keselamatan dan kesehatan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Undang-undang
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101193042 MIFTAKHUL ANWAR
Date Deposited: 23 Jul 2024 08:23
Last Modified: 23 Jul 2024 08:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49042

Actions (login required)

View Item View Item