MUHAMMAD DAFFA MAULANA, 126209203129 (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU IPS DALAM MENUMBUHKAN SIKAP SOSIAL DAN TANGGUNG JAWAB PADA SISWA DI MTsN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (833kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (373kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (576kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (440kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Guru IPS Dalam Menumbuhkan Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Pada Siswa Di MTsN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Muhammad Daffa Maulana (NIM: 126209203129), Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (TIPS), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Bapak Yudi Krisno Wicaksono, M.IP. Kata Kunci: Strategi Guru IPS, Sikap Sosial, dan Tanggung Jawab Sosial Strategi guru IPS merupakan strategi yang selaras dengan teori kontruktivisme yang memandang bahwa pengetahuan tidak diatur dari luar diri seseorang tetapi dari dalam dirinya. Kontruktivisme mengarahkan untuk menyusun pengalaman- pengalaman siswa dalam pembelajaran sehingga mereka mampu membangun pengetahuan baru. Strategi guru IPS digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam bidang sosial karena didalam pembelajaran menyusun pengalaman-pengalaman siswa dalam pembelajaran sehingga mereka mampu membangun pengetahuan baru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimanakah strategi guru IPS dalam menumbuhkan sikap sosial dan tanggung jawab siswa di MTsN 1 Trenggalek? 2) Apakah tantangan guru dalam menumbuhkan sikap sosial dan tanggung jawab siswa di MTsN 1 Trenggalek?. Tujuan penelitian ini adalah sebagaimana yang telah dirumuskan tujuan penelitian sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui strategi guru IPS dalam menumbuhkan sikap sosial dan tanggung jawab siswa. 2) Untuk mengetahui hambatan/tantangan apa saja yang dialami oleh guru IPS dalam menumbuhkan sikap sosial dan tanggung jawab siswa di MTsN 1 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian bertempat di MTsN 1 Trenggalek. Pengumpulan data melalui metode observasi dan wawancara secara langsung. Teknik analisis data terdiri atas pengumpulan data, redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Strategi guru IPS dalam menumbuhkan sikap sosial dan tanggung jawab siswa di MTsN 1 Trenggalek strategi yang diberikan oleh guru untuk menumbuhkan sikap sosial dan tanggung jawab siswa yakni pendekatan pembelajaran kooperatif menekankan kepada proses kerja sama dalam kelompok, tujuan yang dicapai tidak hanya kemampuan akademik saja melainkan siswa harus bisa bekerja sama dengan kelompok dan juga keterampilan untuk bekerja sama. Dalam hal ini siswa diajarkan untuk memiliki sikap tanggung jawab perorangan untuk mencapai tujuan bersama didalam kelompok. (2) Tantangan atau dinamika yang dialami oleh guru IPS dalam menumbuhkan sikap sosial dan tanggung jawab siswa. Tantangan yang kerap terjadi yang menjadi penghambat dari strategi guru dalam menumbuhkan sikap sosial dan tanggung jawab adalah pengaruh dari teman dan pengaruh gadget. Kadang ada siswa yang sebenarnya berperilaku baik tetapi karena pengaruh dari temantemannya maka siswa tersebut ikut-ikutan berbuat hal yang kurang baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Bimbingan dan Konseling Islam > Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209203129 MUHAMMAD DAFFA MAULANA |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 03:25 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 03:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49069 |
Actions (login required)
View Item |