PERSEPSI SISWA TERHADAP PROBLEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG

SENDRYNA MEY HIDHAYANA, 126209202092 (2024) PERSEPSI SISWA TERHADAP PROBLEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (416kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Persepsi Siswa Terhadap Problematika Dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Sendryna Mey Hidhayana, NIM. 126209202092. Pembimbing Drs. H. Jani, M.M., M.Pd Kata kunci: Problematika, Pembelajaran IPS, Kelas VIII Skripsi ini dilatarbelakangi oleh sering munculnya problematika yang dihadapi oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran IPS. Problematika yang dialami oleh siswa yang disebabkan oleh banyak faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Pembelajaran IPS pada jenjang menengah pertama diberikan atau disajikan secara terpadu agar lebih mudah dipahami dan dipelajari oleh siswa. Karena IPS merupakan integrasi dari beberapa cabang ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana persepsi siswa terhadap problematika dalam pembelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung?, (2) Bagaimana faktor penyebab munculnya problematika yang dialami siswa dalam pembelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung?, (3) Bagaimana cara guru mengatasi problematika yang dialami siswa dalam pembelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung?. Adapun tujuan penelitian adalah: (1) Untuk mendeskripsikan problematika dalam pembelajaran IPS yang dialami oleh siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung, (2) Untuk mendeskripsikan penyebab dari munculnya problematika dalam pembelajaran IPS yang dialami oleh siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung, (3) Untuk mendeskripsikan cara guru mengatasi problematika dalam pembelajaran IPS yang dialami oleh siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian kualitatif. dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Subjek dalam penelitian ini adalah guru IPS dan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Problematika yang dialami siswa kelas VIII dalam pembelajaran IPS yakni Siswa yang memiliki minat baca yang minim atau kurang pada mata pelajaran IPS. Ketersediaan buku paket dan LKS untuk siswa terbatas. Metode dan media pembelajaran yang digunakan guru dikelas kurang bervariasi. Guru kurang menguasai kelas. (2) Penyebab siswa mengalami problematika dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial yakni Siswa tidak memilikibuku paket dan LKS sebagai buku pendamping dalam pembelajaran IPS. Siswa diperbolehkan membawa HP ke sekolah. Suara guru kurang keras dan jelas saat mengajar. Banyak siswa yang ramai saat proses pembelajaran dikelas. (3) Cara guru mengatasi problematika siswa dalam pembelajaran IPS yakni Manajemen kelas. Variasi pembelajaran (metode, media, dan tugas). Sikap tegas guru dikelas. Outdoor learning.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209202092 SENDRYNA MEY HIDHAYANA
Date Deposited: 28 Jul 2024 12:06
Last Modified: 28 Jul 2024 12:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49089

Actions (login required)

View Item View Item