تطبيق لعبة اللغوية في تعليم مهارة الكتابة لطلّاب الصف السابع بالمدرسة المتوسطة الاسلامية الحكومية الثانية تولونج أجونج للعام الدراسي 2023- 2024 م

IKA YUNIAR NINGRUM, 126202201027 (2024) تطبيق لعبة اللغوية في تعليم مهارة الكتابة لطلّاب الصف السابع بالمدرسة المتوسطة الاسلامية الحكومية الثانية تولونج أجونج للعام الدراسي 2023- 2024 م. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (610kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Permainan Bahasa Pada Pembelajaran Keterampilan Menulis Untuk Siswa Kelas VII MTsN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Ika Yuniar Ningrum, NIM : 126202201027, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Anin Nurhayati, M.Pd. Kata kunci : Impelemtasi, Permainan Bahasa, Mengurutkan Kata Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya guru bahasa Arab di kelas 7b Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung yang menggunakan media pembelajaran berupa permainan bahasa berjenis mengurutkan kata dalam pembelajaran keterampilan menulis. Media pembelajaran tersebut diberi nama “jam pintar dan kubus kosakata”. Penerapan permainan tersebut secara langsung dapat digunakan untuk mengetahui tingkat penamahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru terutama dalam keterampilan menulis seperti siswa mampu atau tidak dalam membuat kalimat sederhana. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan permainan bahasa jenis mengurutkan kata di kelas 7 MTsN 2 Tulungagung ?, 2) Apa problematika permainan bahasa jenis mengurutkan kata di kelas 7 MTsN 2 Tulungagung ?, 3) Bagaimana solusi problematika permainan bahasa jenis mengurutkan kata di kelas 7 MTsN 2 Tulungagung?. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di MTsN 2 Tulungagung. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-B, guru mata pelajaran Bahasa Arab, dan kepala sekolah. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Langkah penerapan permainan bahasa jenis mengurukan kata ini adalah ; pertama, Guru menjelaskan materi kemudian membagi siswa menjadi delapan kelompok. Setiap kelompok yang maju diminta untuk memutar jarum dan melihat jarum tersebut berhenti di qowaid mana. Misal jika jarum berhenti di jumlah ismiyah, maka setiap kelompok harus membuat kalimat sederhananya. Permainan ini dibatasi waktu hanya 30 detik saat kelompok mulai menyusun kata. Anggota kelompok harus bekerja sama membuat kalimat dari kosakata yang tersedia di sisi kubus. Anggota kelompok menulis hasil susunan kalimat di papan tulis tanpa melihat kubus, kemudian Guru mengoreksi jawaban. 2) Untuk problematika permainan mengurutkan kata ini ada, dari segi permainan dan segi siswa. Problematika dari permainan ini sendiri adalah sering mengalami kerusakan terutama di bagian jarum jam jika diputar terlalu kencang dan berulang-ulang. Problematika dari segi siswa ada tiga macam, yakni ; gagal karena masalah waktu, gagal karena salah menulis kalimat, dan gagal karena tidak mengetahui makna kalimat yang disusun. 3) Solusi problematika tersebut yakni, Dari segi permainan, Hendaknya guru berlaku tegas agar para siswa tidak memutar-mutar jarum diluar permainan yang mengakibatkan harum copot saat digunakan. Guru membawa sebuah paku kecil sebagai pengganti kayu penyambung antara jarum dan jam jika patah Dari segi siswa. Pertama, untuk kelompok yang gagal karena masalah waktu, guru meminta mereka melakukan permainan ulang dengan durasi yang lebih lama. Solusi kedua, bagi kelompok yang tidak mengetahui arti kosakata, guru meminta mereka berdiri kemudian mengambil buku masing-masing untuk menghafal kosakata di depan kelas. Solusi bagi kelompok yang menyusun kalimat dengan benar namun salah dalam penulisan yakni guru langsung membenarkan tulisan mereka secara lisan, mereka harus memperbaikinya sendiri dengan arahan dari guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 126202201027 IKA YUNIAR NINGRUM
Date Deposited: 30 Jul 2024 07:43
Last Modified: 30 Jul 2024 07:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49118

Actions (login required)

View Item View Item