PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH, SARANA PRASARANA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU DI MAN SE- KABUPATEN NGANJUK

MOH ALI FAUZI, 1880501220045 (2024) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH, SARANA PRASARANA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU DI MAN SE- KABUPATEN NGANJUK. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kepuasan kerja guru merupakan faktor krusial dalam dunia pendidikan, karena berdampak langsung pada kualitas pengajaran, keterlibatan siswa, dan hasil pembelajaran. Guru yang puas cenderung lebih termotivasi, berinovasi dalam metode pengajaran, dan bersemangat dalam melaksanakan tugas mereka, yang meningkatkan kualitas pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu: 1) Kondisi masing-masing variabel pada lokus penelitian, 2) Pengaruh langsung antar variabel penelitian yang terdiri dari 6 rumusan masalah, dan 3) Pengaruh tidak langsung antar variabel penelitian yang terdiri dari 3 rumusan masalah. Penelitian ini bertujuan menguji berbagai teori tentang pengaruh kepemimpinan kepala madrasah, sarana prasarana, dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja guru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Responden dalam penelitian ini adalah 108 orang guru pada Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Nganjuk. Data dianalisis berdasarkan model SEM-PLS (Structural Equation Model-Partial Least Square) menggunakan program aplikasi SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan kesimpulan bahwa: 1) Kepemimpinan kepala madrasah menunjukkan dalam kondisi baik menurut 64,5% responden, sarana prasarana madrasah menunjukkan dalam kondisi baik menrut 72,9% responden, lingkungan kerja menunjukkan dalam kondisi baik menurut 69,9% responden, kepuasan kerja guru menunjukkan kondisi baik menurut 73,4% reponden. 2) Semakin baik kualitas kepemimpinan kepala madrasah, maka semakin baik pula sarana prasarana. 3) Semakin baik kualitas kepemimpinan kepala madrasah, maka semakin baik pula lingkungan kerja. 4) Semakin baik kualitas kepemimpinan kepala madrasah, maka semakin baik pula kepuasan kerja. 5) Semakin baik kualitas sarana prasarana, maka semakin baik pula lingkungan kerja. 6) semakin baik kualitas sarana prasarana, maka semakin baik pula kepuasan kerja. 7) semakin baik kualitas lingkungan kerja, maka semakin baik pula kepuasan kerja. 8) Sarana prasarana mampu memediasi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kepuasan kerja. 9) lingkungan kerja mampu memediasi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kepuasan kerja. 10) Lingkungan kerja mampu memediasi sarana prasarana dalam meningkatkan kepuasan kerja.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Kepemimpinan
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1880501220045 MOH. ALI FAUZI
Date Deposited: 31 Jul 2024 06:48
Last Modified: 31 Jul 2024 06:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49132

Actions (login required)

View Item View Item