MOH ALI FAUZI, 1880501220045 (2024) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH, SARANA PRASARANA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU DI MAN SE- KABUPATEN NGANJUK. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (323kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (424kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (840kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (657kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (785kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (246kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Kepuasan kerja guru merupakan faktor krusial dalam dunia pendidikan, karena berdampak langsung pada kualitas pengajaran, keterlibatan siswa, dan hasil pembelajaran. Guru yang puas cenderung lebih termotivasi, berinovasi dalam metode pengajaran, dan bersemangat dalam melaksanakan tugas mereka, yang meningkatkan kualitas pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu: 1) Kondisi masing-masing variabel pada lokus penelitian, 2) Pengaruh langsung antar variabel penelitian yang terdiri dari 6 rumusan masalah, dan 3) Pengaruh tidak langsung antar variabel penelitian yang terdiri dari 3 rumusan masalah. Penelitian ini bertujuan menguji berbagai teori tentang pengaruh kepemimpinan kepala madrasah, sarana prasarana, dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja guru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Responden dalam penelitian ini adalah 108 orang guru pada Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Nganjuk. Data dianalisis berdasarkan model SEM-PLS (Structural Equation Model-Partial Least Square) menggunakan program aplikasi SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan kesimpulan bahwa: 1) Kepemimpinan kepala madrasah menunjukkan dalam kondisi baik menurut 64,5% responden, sarana prasarana madrasah menunjukkan dalam kondisi baik menrut 72,9% responden, lingkungan kerja menunjukkan dalam kondisi baik menurut 69,9% responden, kepuasan kerja guru menunjukkan kondisi baik menurut 73,4% reponden. 2) Semakin baik kualitas kepemimpinan kepala madrasah, maka semakin baik pula sarana prasarana. 3) Semakin baik kualitas kepemimpinan kepala madrasah, maka semakin baik pula lingkungan kerja. 4) Semakin baik kualitas kepemimpinan kepala madrasah, maka semakin baik pula kepuasan kerja. 5) Semakin baik kualitas sarana prasarana, maka semakin baik pula lingkungan kerja. 6) semakin baik kualitas sarana prasarana, maka semakin baik pula kepuasan kerja. 7) semakin baik kualitas lingkungan kerja, maka semakin baik pula kepuasan kerja. 8) Sarana prasarana mampu memediasi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kepuasan kerja. 9) lingkungan kerja mampu memediasi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kepuasan kerja. 10) Lingkungan kerja mampu memediasi sarana prasarana dalam meningkatkan kepuasan kerja.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Kepemimpinan Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 1880501220045 MOH. ALI FAUZI |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 06:48 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 06:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49132 |
Actions (login required)
View Item |