STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTsN 2 BLITAR

MUHAMAD AZKA AL AFIQ, 126201203298 (2024) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTsN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (995kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Menananmkan Karakter Religius Peserta Didik di MTsN 2 Blitar” ini ditulis oleh Muhamad Azka Al Afiq, NIM. 126201203298, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Muhammad Zainul Arifin, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Karakter Religius Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena kasus-kasus yang terjadi di kalangan peserta didik seperti banyaknya penyimpangan moral dan kurangnya sopan santun yang menunjukkan karakter yang lemah di lingkungan pendidikan. Untuk menanamkan karakter perlu adanya metode pembiasaan dan keteladanan. Penelitian ini mengkaji bagaimana strategi yang diterapkan oleh guru akidah akhlak dalam menanamkan karakter religius peserta didik di MTsN 2 Blitar. Fokus penelitian ini adalah 1). Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan karakter religius aspek Iman kepada peserta didik di MTsN 2 Blitar ? 2). Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan karakter religius aspek Ilmu kepada peserta didik di MTsN 2 Blitar ? 3). Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan karakter religius aspek Amal kepada peserta didik di MTsN 2 Blitar ? Jenis penelitian yang digunakan yaitu menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan Triangulasi sumber (data), Triangulasi teknik dan Triangulasi waktu. Hasil penelitian 1). Guru menggunakan strategi SPBM (strategi berbasis masalah dalam praktek yang digunakan untuk menguatkan karakter peserta didik. Menumbuhkan karakter religius aspek iman di luar kelas yaitu dengan melaksanakan kegiatan tilawah Al Quran. Pembiasaan karakter religius aspek iman di luar kelas seperti sholat dhuha berjamaah dan sholat dzuhur berjamaah. Guru memberikan sanksi kepada anak yang tidak menerapkan karakter religius aspek iman. 2). Guru menggunakan strategi ekspositori dalam menerapkan karakter religius aspek ilmu. Guru memberikan motivasi kepada anak untuk selalu menerapkan karakter di sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Penerapan karakter religius aspek ilmu di luar kelas yaitu dengan bersikap toleransi terhadap sesama dan untuk selalu berbicara jujur. 3). Guru menggunakan strategi inkuiri dalam pembelajaran Menerapkan karakter religius aspek amal kepada peserta didik seperti penggalangan dana sosial yang dilakukan setiap hari jumat yang digunakan untuk menolong sesama orang tanpa memandang kedudukan sosial dan menghormati orang yang lebih tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203298 MUHAMAD AZKA AL AFIQ
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:55
Last Modified: 25 Jul 2024 02:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49148

Actions (login required)

View Item View Item