KESABARAN PETUGAS LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KELAS I BLITAR DALAM MENGHADAPI NARAPIDANA ANAK

DINIATUL ISLAMIYAH, 126303201014 (2024) KESABARAN PETUGAS LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KELAS I BLITAR DALAM MENGHADAPI NARAPIDANA ANAK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (637kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (486kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kesabaran Petugas Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Blitar dalam Menghadapi Narapidana Anak” yang ditulis oleh Diniatul Islamiyah, NIM. 126303201014 Pembimbing Abdulloh Chakim, M.Pd Kata kunci : Kesabaran, Petugas LPKA, Narapidan Anak Sabar adalah sebuah hal yang penting dan harus dimiliki oleh Petugas Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) dalam Menghadapi Narapidana Anak yang memiliki berbagai sifat dan karakter yang berbeda-beda, agar mencapai proses rehabilitasi atau pembinaan yang menciptakan lingkungan yang positif bagi narapidana anak. Pentingnya Kesabaran Petugas Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Blitar dalam Menghadapi Narapidana Anak yang memerlukan pendekatan khusus dan pemahaman yang mendalam. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini ialah bagaimana Kesabaran Petugas Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Blitar dalam Menghadapi Narapidana Anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kesabaran Petugas Lembaga Pembinaan Khusus Anak (Lpka) Kelas I Blitar dalam Menghadapi Narapidana Anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan fenomenologi untuk memahami pengalaman dan persepsi subyektif petugas LPKA Kelas I Blitar. Subjek penelitian terdiri dari 5 petugas LPKA Kelas I Blitar yang memiliki pengalaman langsung berinteraksi dengan narapidana anak, antara lain pada subjek 1 Ibu E selaku petugas Kasubsi Registrasi, subjek 2 Ibu Y petugas kasubsi pembinaan bagian pendidikan dan petugas kasubsi bimbingan dan pengentasan anak, subjek 3 Ibu S petugas kasi pengawasan dan penegakan disiplin, serta subjek 4 Ibu W petugas kasi perawatan, dan subjek 5 Bapak H selaku petugas Kasi registrasi dan Klasifikasi. Data yang dikumpulkan melalui wawancara mendalam mengenai pengalaman kesabaran petugas LPKA Kelas I Blitar dalam menghadapi narapidana anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesabaran sangat penting bagi Petugas Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Blitar dalam Menghadapi Narapidana Anak. Kesabaran bagi petugas LPKA berarti kemampuan untuk tetap tenang, tekun dan tabah dalam menghadapi berbagai situasi atau tantangan sulit saat berhadapan dengan narapidana anak. Kesabaran ini melibatkan ketahanan mental dan emosional agar tidak terpengaruh oleh tekanan yang ada di LPKA, serta kemampuan untuk bersikap toleran dan pengertian atas perbedaan atau ketidaksempurnaan. Selain itu, Petugas Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Blitar menggunakan strategi untuk menciptakan interaksi yang positif dan toleransi dengan narapidana anak. Secara keseluruhan, strategi yang diterapkan petugas Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Blitar berfokus pada membangun interaksi positif, memberikan perhatian individual, serta menciptakan lingkungan yang mendukung dan penuh toleransi bagi narapidana anak. hal ini tidak hanya membantu dalam menjaga ketenangan tetapi juga berperan untuk perkembangan narapidana anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Tasawuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Tasawuf Psikoterapi
Depositing User: 126303201014 DINIATUL ISLAMIYAH
Date Deposited: 25 Jul 2024 08:04
Last Modified: 25 Jul 2024 08:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49151

Actions (login required)

View Item View Item