ERINA RIZKA HARTATI, 1880506220028 (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN KITAB-KITAB KLASIK BERBASIS IT DALAM MEMBENTUK KOMPETENSI SISWA DI SMA KHADIJAH SURABAYA. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (856kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (614kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (630kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (527kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Strategi Pembelajaran Kitab-Kitab Klasik Berbasis IT dalam Membentuk Kompetensi Siswa di SMA Khadijah Surabaya” ini ditulis oleh Erina Rizka Hartati, dengan pembimbing pertama Prof. Dr. H. Abd Aziz, M.Pd.I, dan pembimbing kedua Dr. H. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Kitab-Kitab Klasik, Berbasis IT Konteks dari penelitian ini adalah keunikan program pembelajaran kitabkitab klasik di SMA Khadijah Surabaya yang mengkombinasikan antara kitab cetak dan tablet yang berisi e-learning. SMA Khadijah Surabaya merupakan sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka, tetapi juga memiliki tujuan menjadi sekolah berbasis ‘pesantren kota’. Keberadaan sekolah ini beserta programnya merepresentasikan qaul al-muhafadhotu ‘ala qodimis sholih wal akhdzu bil jadidil ashlah, yakni ‘memelihara yang baik dari yang lama dan mengambil yang lebih baik dari yang baru’. Fokus dari penelitian ini ada tiga yaitu: 1) Mendeskripsikan strategi pengorganisasian pembelajaran kitab-kitab klasik berbasis IT dalam membentuk kompetensi siswa; 2) Mendeskripsikan strategi penyampaian pembelajaran kitabkitab klasik berbasis IT dalam membentuk kompetensi siswa; dan 3) Menganalisis secara mendalam mengenai strategi pengelolaan pembelajaran kitab-kitab klasik berbasis IT dalam membentuk kompetensi siswa di SMA Khadijah Surabaya Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yang ditulis secara deskriptif. Penggalian data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Dalam proses analisis digunakan model analisis data dari Miles, Huberman, dan Saldana yang dikenal dengan model interaktif. Analisis tersebut dilakukan melalui alur kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Adapun untuk pengecekan keabsahan temuan, dilakukan perpanjangan kehadiran, ketekunan dalam pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi pengorganisasian pembelajaran kitab-kitab klasik berbasis IT di SMA Khadijah Surabaya meliputi, a) penetapan tujuan penyelenggaraan kitab klasik sesuai instruksi Khofifah Indar Parawansa sebagai pembina, membentuk SMA berbasis pesantren kota, mengikuti kurikulum PAI, dan membuat siswa mampu membaca serta memaknai kitab klasik sebagai syarat agar mendapatkan beasiswa di perguruan tinggi, b) menyusun perencanaan dan persiapan pembelajaran salah satunya pada e-learning yang disesuaikan dengan RPP dan silabus, c) melakukan penjadwalan yang didasarkan pada jumlah murid dan pengampu, d) memberi penguatan materi kitab-kitab klasik berupa pretest atau post test, penyimpulan isi kandungan materi, serta mengarahkan anak untuk mempelajari buku pegangan tertentu, channel Youtube, dan TikTok, 2) Strategi penyampaian pembelajaran meliputi, a) penyusunan metode seperti jig saw, stad, klasik, tamrin, bandongan, hafalan, dan diskusi, b) membuat langkahlangkah pembelajaran yang secara umum dimulai dengan salam, doa, tawassul, absensi, membaca/mengartikan/menghafal materi, menulis, diskusi, tanya jawab, penyampaian apresiasi, kesimpulan, dan penutup, c) menyiapkan media pembelajaran yang meliputi kitab cetak, e-learning, komputer kelas, LCD proyektor, LKS/LKPD, aplikasi terjemah Tafsir al-Qur`an, power point, akun YouTube, dan TikTok, d) merencanakan bentuk belajar siswa diantaranya semi klasikal, diferensiasi, dan presentasi, e) serta merespon dan menerima keluhan siswa dalam proses pembelajaran yang mungkin terlalu cepat atau sulit, 3) Strategi pengelolaan pembelajaran terdiri dari, a) pengelolaan media berbasis IT dan kitab cetak untuk pembelajaran secara klasik, b) pembuatan catatan kemajuan/penilaian siswa berdasarkan kebijakan guru yang disesuaikan dengan tujuan kurikulum, c) cara mengontrol belajar/ujian siswa menggunakan aplikasi Exambrow, d) serta memerhatikan cara mempertahankan motivasi belajar siswa terhadap kitab-kitab klasik salah satunya melalui penyampaian tujuan, arah, dan akhir dari suatu pembelajaran.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1880506220028 ERINA RIZKA HARTATI |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 03:48 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 03:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49160 |
Actions (login required)
View Item |