استخدام طريقة الأسئلة والأجوبة لفهم النصوص العربية لطلاب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية دار السلام رجوتانجان تولونج أجونج للعام الدراسي 2023/2024م

YUSEFA HELFY PRASTIKA, 126202203084 (2024) استخدام طريقة الأسئلة والأجوبة لفهم النصوص العربية لطلاب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية دار السلام رجوتانجان تولونج أجونج للعام الدراسي 2023/2024م. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (930kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (478kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (365kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Tanya Jawab untuk Pemahaman Teks bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Darussalam Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2023/2024” ini ditulis oleh Yusefa Helfy Prastika, NIM. 126202203084, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Rikhlatul Ilmiah, S.Ag, M.Pd.I. Kata Kunci: Metode Tanya Jawab, Pemahaman Teks Bahasa Arab Latar Belakang: Dari sekian banyak guru bahasa Arab, beberapa dari mereka masih mengajarkan keterampilan membaca hanya sebatas pada siswa mampu membaca teks bahasa Arab dan menerjemahkan kosakatanya, tanpa memahami teks tersebut. Padahal membaca, menerjemah, dan memahami teks Arab merupakan keterampilan integral dalam menguasai bahasa Arab. Di MTs Darussalam Rejotangan Tulungagung, pembelajaran pemahaman teks bahasa Arab dengan metode tanya jawab telah diterapkan oleh guru bahasa Arab sebagai keterampilan membaca siswa selain membaca dan menerjemahkan. Rumusan Masalah: 1) Bagaimana penerapan metode tanya jawab untuk pemahaman teks bahasa Arab siswa dalam pembelajaran bahasa arab? 2) Apa permasalahan penerapan metode tanya jawab untuk pemahaman teks bahasa Arab siswa dalam pembelajaran bahasa arab? 3) Bagaimana penyelesaian permasalahan penerapan metode tanya jawab untuk pemahaman teks bahasa Arab siswa dalam pembelajaran bahasa arab? Tujuan Penelitian: 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode tanya jawab untuk pemahaman teks bahasa Arab siswa dalam pembelajaran bahasa arab. 2) Untuk mengetahui permasalahan penerapan metode tanya jawab untuk pemahaman teks bahasa Arab siswa dalam pembelajaran bahasa arab. 3) Untuk mengetahui penyelesaian permasalahan penerapan metode tanya jawab untuk pemahaman teks bahasa Arab siswa dalam pembelajaran bahasa arab. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data: triangulasi sumber dan teknik. Hasil Penelitian: Terdapat 3 tahapan dalam penerapan metode Tanya jawab untuk pemahaman teks bahasa arab siswa kelas VIII di MTs Darussalam Rejotangan Tulungagung, yaitu: 1) Tahapan persiapan, meliputi persiapan materi dan pertanyaan. 2) Tahapan pelaksanaan, berupa pengungkapan jawaban atau pertanyaan dari siswa melalui proses penganalisisan teks bahasa Arab yang telah dipelajari. 3) Tahapan akhir, meliputi kesimpulan dan penilaian. Adapun permasalahan-permasalahannya adalah: 1) Siswa kurang aktif berpikir, 2) Siswa kurang menguasai mufrodat. Penyelesaiannya adalah: 1) Seorang guru harus memberikan motivasi, membimbingnya membaca serta menerjemahkan lagi teks bahasa Arab yang telah dipelajari, kemudian memberikan pertanyaan yang mudah tetapi tetap mengarah pada pembahasan teks bahasa Arab. 2) Seorang guru bahasa Arab harus memberikan pendekatan dengan membimbing siswa mengingat beberapa mufrodat yang telah dipelajari sebelumnya, sehingga dengan penguasaan mufrodat tersebut siswa dapat dengan mudah mengungkapkan pertanyaan maupun jawaban.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 126202203084 YUSEFA HELFY PRASTIKA
Date Deposited: 27 Jul 2024 12:25
Last Modified: 27 Jul 2024 12:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49256

Actions (login required)

View Item View Item