RESEPSI TRADISI PEMBACAAN EMPAT SURAH PILIHAN SETELAH SALAT ASAR DI PONDOK PESANTREN UMMUL KHOIR PLOSOKANDANG TULUNGAGUNG (Studi Kajian Living Qur'an)

SYAHALA YUASTIANI HABIBAH, 126301202104 (2024) RESEPSI TRADISI PEMBACAAN EMPAT SURAH PILIHAN SETELAH SALAT ASAR DI PONDOK PESANTREN UMMUL KHOIR PLOSOKANDANG TULUNGAGUNG (Studi Kajian Living Qur'an). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (781kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (829kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (978kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (552kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Resepsi Tradisi Pembacaan Empat Surah Pilihan Setelah Salat Asar di Pondok Pesantren Ummul Khoir Plosokandang Tulungagung (Studi Kajian Living Qur’a ̅n)” ini ditulis oleh Syahala Yuastiani Habibah, NIM. 126301202104, pembimbing Ali Abdur Rohman S.Ud., M.Ag. Kata Kunci: Empat Surah Pilihan, Resepsi Ahmad Rafiq, Makna Sosial Pengetahuan Karl Mannheim Penelitian skripsi ini membahas tentang resepsi tradisi pembacaan empat surah pilihan di Pondok Pesantren Ummul Khoir. Keempat surah tersebut adalah al-Rahma ̅n, al-Wa ̅qi’ah, Muhammad, dan al-Hujura ̅t. Kegiatan pembacaan surah pilihan tersebut dilaksanakan setiap hari setelah jamaah salat asar dengan dipimpin satu imam. Pembacaan surah ini dilakukan bergantian satu hari satu surah secara urut. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini meliputi dasar pelaksanaan, proses pelaksanaan, resepsi, serta makna dalam tradisi pembacaan empat surah pilihan tersebut. Untuk mengungkap masalah tersebut, penulis dalam penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis dengan observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Kemudian penulis menganalisis data dengan resepsi Ahmad Rafiq dan teori makna sosiologi pengetahuan Karl Mannheim. Adapun hasil dari penelitian ini yang pertama dasar pemahaman pengasuh yaitu Gus Ilham Hasyim terhadap pembacaan empat surah pilihan berasal dari kitab-kitab ulama yang tidak disebutkan namanya. Kedua, pelaksanaan surah pilihan setiap sore hari setelah salat asar dengan bergantian satu hari satu surah dan surah-surahnya meliputi surah al-Rahma ̅n, al-Wa ̅qi’ah, Muhammad, dan al-Hujura ̅t. Ketiga, transmisi dalam tradisi pembacaan empat surah pilihan ini yaitu sejak masa Nabi keempat surah itu tidak dikumpulkan dan terbiasa dibaca saat salat ataupun diajarkan dalam majlis-majlis ilmu, sedangkan sekarang empat surah itu dirutinkan dibaca oleh santri Pondok Pesantren Ummul Khoir baik dengan tujuan tertentu ataupun tidak. Sedangkan transformasinya yaitu pada masa Nabi dan sahabat, pembacaan surah-surah tersebut tidak dibaca dengan tujuan tertentu melainkan untuk menjaga hafalan mereka masa itu dan sekarang mayoritas pembacaan surah-surah dilakuakan untuk memperoleh fadhilah-fadhilah yang diterangkan oleh para ulama. Keempat, berdasarkan analisis teori makna Karl Mannheim ada tiga makna yaitu pertama, makna objektifnya sebagai bentuk menggugurkan kewajiban dan nderek dawuh guru. Kedua, makna ekspresifnya sebagai wujud penanaman pembelajaran al-Qur’a ̅n. Dan ketiga, makna dokumenternya mempermudah dalam mencari ilmu.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Agama > Tafsir Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Al-Quran Dan Tafsir
Depositing User: 126301202104 SYAHALA YUASTIANI HABIBAH
Date Deposited: 28 Jul 2024 12:44
Last Modified: 28 Jul 2024 12:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49287

Actions (login required)

View Item View Item