PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VIII MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA DI MTS DARUSSALAM REJOTANGAN TULUNGAGUNG

VANESSA PUTRI SHALSA BILA, 126208202085 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VIII MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA DI MTS DARUSSALAM REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (588kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (124kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Kognif Siswa Kela VIII Pada Materi Struktur Dan Fungsi Sistem Ekskresi Pada Manusia Di Mts Darussalam Rejotangan” ditulis oleh Vanessa Putri Shalsa Bila, NIM. 126208202085, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh bapak Nanang Purwanto,M.Pd. Kata Kunci: Jigsaw, kognitif, pengaruh, hasil belajar. Pembelajaran IPA di MTS merupakan suatu cara pembelajaran yang lebih dari sekedar pelatihan akademis ilmiah. Namun pendidikan IPA juga memadukan berbagai aspek seperti sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pembelajaran IPA hendaknya tidak hanya memperoleh sejumlah pengetahuan tertentu, tetapi juga memberikan ruang yang cukup bagi tumbuh kembangnya sikap ilmiah, praktik proses pemecahan masalah, dan penerapannya dalam kehidupan nyata. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan inovasi dalam proses belajar mengajar dan model pembelajaran yang menarik, kreatif dan tidak membosankan. Salah satu model pembelajaran yang inovatif adalah model pembelajaran kooperatif berbasis jigsaw. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran model jigsaw terhadap hasil belajar kognitif materi struktur dan fungsi sistem ekskresi pada manusia pada siswa VIII MTS Darussalam Rejotangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis desain penelitian adalah eksperimen semu. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu: tes dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A (27 siswa) sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIII B (28 siswa) sebagai kelas kontrol di MTS Darussalam Rejotangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Mann Whitney, Uji Willcoxon Signed Test. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Pengujian awal dilakukan dengan pemberian LKPD, dan post-test dilanjutkan setelah perlakuan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw pada kelas eksperimen setelah pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji Man Whitney dan Wilcoxon sebesar 0,000 < 0,05. Hal itu berarti H1 diterima H0 ditolak. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran jigsaw memberi pengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII pada struktur dan fungsi sistem ekskresi manusia di Mts Darussalam Rejotangan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Lingkungan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208202085 VANESSA PUTRI SHALSA BILA
Date Deposited: 28 Jul 2024 12:50
Last Modified: 28 Jul 2024 12:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49294

Actions (login required)

View Item View Item