PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI AL HIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG

RAHMA ANNISA' FAUZIAH, 12205183323 (2023) PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI AL HIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Pengaruh Metode Outdoor Study terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas V di MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung, ini ditulis oleh Rahma Annisa’ Fauziah, NIM 1220518323, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata Kunci : Metode Outdoor Study, Minat, Hasil Belajar. Pembelajaran IPA merupakan pembelajaran yang dianggap sulit untuk dipahami dan menjadi momok yang menakutkan karena IPA identik dengan banyaknya materi yang harus dihafalkan dan banyaknya soal yang harus dikerjakan. Selain itu, metode yang digunakan masih konvensional dan berpusat pada guru, sehingga proses pembelajaran cenderung kaku, monoton, dan tidak komunikatif. Hal itulah yang menjadi penyebab kurangnya minat siswa pada pembelajaran IPA. Salah satu cara untuk membuat siswa tertarik pada pembelajaran IPA adalah menggunakan metode outdoor study. Melalui metode ini diharapkan dapat menumbuhkan minat siswa yang nantinya akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh metode outdoor study terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V di MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung? (2) Adakah pengaruh metode outdoor study terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V di MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung? (3) Bagaimana pengaruh metode outdoor study terhadap minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V di MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode outdoor study terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V di MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode outdoor study terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V di MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh metode outdoor study terhadap minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V di MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Al Hidayah 02 Betak yang berjumlah 32 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas V-A dengan jumlah 17 siswa dan kelas V-B dengan jumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket dan tes. Analisis data melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji t-test dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh metode outdoor study terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V di MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung, berdasarkan uji t diperoleh sig. 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh metode outdoor study terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V di MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung, berdasarkan uji t diperoleh sig. 0,000 < 0,05. (3) Ada pengaruh metode outdoor study terhadap minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V di MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung, berdasarkan uji manova diketahui ke empat P-value sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183323 RAHMA ANNISA' FAUZIAH
Date Deposited: 29 Jul 2024 02:59
Last Modified: 29 Jul 2024 02:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49310

Actions (login required)

View Item View Item